Daerah

Wabup Loteng Serahkan Bantuan 64 Unit Alat Perontok Padi

Lombok Tengah, Talikanews.com -Kurangnya tenaga buruh ketika proses panen padi membuat sebagian masyarakat mengeluh. Dengan hal itu Pemerintah Daerah Lombok Tengah melalui Kepala Dinas Pertanian dan Pertenakan pagi tadi bersama Wakil Bupati Loteng HL. Pathul Bahri S.IP menyerahkan mesin perontok padi sebanyak 64 unit kepada masyarakat kurang mampu di lapangan umum alun-alun tastura bencingah, Jumat (12/7).

Wakil Bupati HL. Pathul Bahri berpesan kepada penerima alat perontok padi untuk menjaga dan memanfatkan bantuan alat tersebut.

“Saya minta kepada semua penerima bantuan alat ini untuk di jaga dan di manfaatkan sebaik mungkin, jangan di jual,” cetus Pathul Bahri.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lalu Iskandar juga membenarkan bahwa memang alat perontok padi itu untuk membantu masyarakat ketika masa panen raya datang mengingat belakangan ini buruh tani sudah sedikit enggan untuk bekerja sebagai buruh tani.

“Bantuan ini untuk tenaga buruh tani yang kurang mampu yang tersebar di beberapa kecamatan karena belakangan ini sudah jarang buruh tani jadi kita bantu dengan alat perontok,” jelas Iskandar.

Di singgung masalah kekeringan lahan dia pun mengaku bahwa memang pada musim kemarau ini jumlah lahan tanam yang kekeringan sudah mencapai 1000 hektar namun sebagian sudah ditangani dengan pipanisasi artinya mengambil air dari sumber mata air yang ada seperti waduk, bendungan dan sungai untuk membasahi tanaman yang ada.

“Memang sampai hari ini jumlah lahan yang kering sudah mencapai 1000 hektar namun sebagian sudah kita tangani,” tutup Iskandar.(TN-03)

Related Articles

Back to top button