Sosial

Loteng Hingga Mataram Simpan Potensi Gempa 8,5 SR Berdampak Tsunami

Mataram, Talikanews.com – Dari hasil simulasi dan pemodelan tsunami (Tsunami Modeling) yang di lakukan oleh BMKG di wilayah perairan Lombok Selatan di prediksi, wilayah ini menyimpan gempa mega trust dengan kekuatan mencapai 8,5 Magnitudo dan menyebabkan tsunami sepanjang 5 kilometer dengan tinggi gelombang mencapai 20 meter.

Kepala BMKG Mataram Agus Riyanto menjelaskan, dari hasil simulasi dan pemodelan tsunami wilayah yang terkena imbas tsunami berada di perairan Kuta, Awang, Selong Blanak, Lombok Barat dan Mataram. Namun untuk wilayah Mataram imbas tsunami mencapai 2 kilometer.

“Kita melakukan simulasi dan pemodelan gempa dan tsunami (Tsunami Modeling) wilayah Selatan Lombok dan kita prediksi wilayah ini menyimpan potensi sekitar 8,5 M, tetapi kapan waktunya tidak ada yang tahu bahkan teknologi secanggih apapun tidak bisa memprediksi dan mengetahui kapan akan terjadi gempanya,” ungkapnya di Kampus UNU NTB, Kamis (4/7).

Agus menghimbau pemerintah untuk memberikan edukasi mitigasi bencana secara menyeluruh ke masyarakat. Selain edukasi mitigasi bencana, masyarakat juga di himbau untuk membangun rumah yang tahan gempa.(TN-04)

Related Articles

Back to top button