Daerah

Komisi V DPRD NTB Telusuri Legal Entry Dan Ilegal Stay TKW Yang Meninggal Dunia

Mataram, Talikanews.com – Komisi V DPRD NTB, akan telusuri dokumen keberangkatan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang meninggal dunia akibat insiden meledaknya alat pendingin ruangan di Arab Saudi, Mekkah.

Wakil Ketua Komisi V, HMNS Kasdiono mengatakan, harus ditelusuri dokumennya agar bisa diambil langkah-langkah terhadap jasad korban setidaknya bisa dipulangkan. Selanjutnya termasuk siapa yg memberangkatkan.

“Memang untuk pemulangan jenazah Arab Saudi biasanya agak sulit. Tapi perlu dilakukan penelusuran dokumen itu,” ungkapnya Minggu (23/6).

Menurut Kasdiono, apabila terjadi sesuatu terhadap WNI di Luar Negeri maka pemerintah daerah melalui pemerintah pusat harus selesaikan tanpa melihat legal atau ilegal status bersangkutan. Itulah maksud dan tujuan ada Deputi perlindungan WNI.

Disinggung soal informasi bahwa korban memang masuk melalui jalur legal. Hanya saja, kabur dari majikan karena ada sesuatu dan lain hal. Politisi Demokrat ini menilai, berarti posisinya adalah legal entry and ilegal stay.

“Dia masuk jalur legal, namun keberadaan mereka ilegal disebabkan kabur dari majikan,” kata dia.(TN-04)

Related Articles

Back to top button