Politik

KAPEK Nilai Bawaslu Loteng Kurang Agresif Tangani Tipilu

Lombok Tengah, Talikanews.com – Tidak puas dengan aksi hearing yang dilakukan Koalisi Pencari Keadilan (KAPEK) pada hari senin kemarin, hari ini KAPEK kembali mendatangi Kantor Bawaslu Loteng mempertanyakan sejauh mana proses laporan yang pernah di masukkan dan menilai Bawaslu Loteng masih kurang agresif dalam menangani Tipilu.

Kedatangan KAPEK kali ini diterima oleh Komisioner Bawaslu Lombok Tengah Divisi Data dan Informasi Baiq Husnawaty beserta Komisioner Bawaslu Loteng lainnya, di Aula Sekretariat Bawaslu Loteng, Rabu (29/05).

Koordinator aksi Bustomi Taefuri mempertanyakan sejauh mana proses dan tindakan Bawaslu Loteng terhadap laporan yang pernah dimasukkan, ia ingin tahu karena sampai detik ini tidak pernah mendapatkan kejelasan tentang sejauhmana proses terkait dengan temuan dugaan kecurangan pemilu yang diduga dilakukan di semua PPK lebih-lebih di Kacamtan Pujut.

“Sampai detik ini Kami Koalisi Pencari Keadilan (KAPEK) tidak pernah diberikan informasi oleh Bawaslu Loteng tentang sejauh mana proses laporan tipilu, ada apa ini,” tanya Bustomi Taefuri.

Tak hanya itu lanjut Bustomi Taefuri, padahal tindakan kecurangan yang diduga dilakukan oleh penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU beserta jajarannya sampai ke tingkat paling bawah dilakukan secara terang-terangan dan Bawaslu Loteng terkesan tutup mata.

“Apa tindakan Bawaslu terhadap dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu,” tanya Bustomi dengan nada kesal.

Sama halnya dengan Samsul Qomar Caleg DPRD Provinsi Partai Demokrat mengungkapkan rasa kekecewaan terhadap kinerja Bawaslu Loteng yang dinilai masih kurang agresif menyikapi setiap laporan masuk.

“Saya rasa Bawaslu Loteng itu tahu indikasi-indikasi kecurangan yang beredar saat Pileg lalu karena Bawaslu punya tim dan jika ini tidak bisa diselesaikan maka kami juga akan melaporkan Bawaslu Loteng ke DKPP,” cetus Samsul Qomar.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Bawaslu Lombok Tengah Divisi Data dan Informasi Baiq Husnawaty mengatakan bahwa saat ini Bawaslu Loteng sudah banyak menerima laporan dan sedang dalam proses penangannya.

“Ia memang sejauh ini kami sudah menerima banyak laporan dan semua itu sedang proses yang artinya semua PPK di kecamatan sudah kami panggil untuk dimintai keterangan termasuk Camat Pujut, jadi saya minta kesabaran dari teman-teman KAPEK tidak mungkin kami bisa menyelesaikan begitu banyak laporan itu dengan secepat kilat jadi butuh proses,” terang Baiq Husnawaty.

Mendengar penjelasan dari Divisi Data dan Informasi Baiq Husnawaty, Koalisi Pencari Keadilan (KAPEK) menerima dan sepakat menunggu hasil dari Bawaslu Loteng. (TN-03)

Related Articles

Back to top button