Politik

Temuan Tipilu, KAPEK Lapor Polisi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Puluhan Caleg dan LSM Lombok Tengah yang mengatasnamakan Komunitas Pencari Keadilan (KAPEK) siang tadi, Senin (28/5) mendatangi Mapolres Loteng dalam rangka melaporkan sejumlah dugaan pelanggaran Pemilu 2019 lalu di Lombok Tengah yang sebelumnya sudah dilaporkan ke Bawaslu Lombok Tengah namun hingga saat ini masih belum ada tindak lanjutnya.

Bustomi Taefuri koordinator aksi menyampaikan bahwa kedatangannya ke Polres Loteng terkait dengan beberapa pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu lalu diluar tindak pidana pemilu yang diduga dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini Bawaslu Loteng dan KPU Loteng beserta jajarannya sampai ketingkat bawah.

“Kami sudah melaporkan beberapa pelanggaran Pemilu 2019 lalu di Lombok Tengah ke Bawaslu Loteng namun sampai saat ini masih belum ada kejelasan tindakan hukumnya,” terang Bustomi.

Bustomi Taefuri meminta kepada kepolisian untuk mengambil langkah hukum terhadap banyaknya pelanggaran saat Pemilu 2019 lalu.

“Tidak hanya pelanggaran tindak pidana Pemilu saja yang terjadi saat itu namun dugaan pelanggaran tindak pidana umum juga muncul dan ini adalah ranah kepolisian dalam penanganan hukumnya,” ungkap Omi sapaan Bustomi Taefuri.

Senada dengan itu, Samsul Qomar Caleg dari Partai Demokrat mengaku sudah melaporkan ke Bawaslu Lombok Tengah dimana menurutnya di dalamnya ada Gakumdu yang terdiri dari Kepolisian dan Kejaksaan dan laporan itu terkait dugaan pencurian suara dan pelanggaran Pemilu lainnya.

“Saya harapkan kepolisian bisa memproses secara hukum terhadap laporan yang masuk ke Gakumdu,” ujar Samsul Qomar.

Menanggapi beberapa permintaan dan laporan itu Kasat Reskrim Polres Loteng AKP Refles P Girsang meminta agar segera membuat laporan secara resmi kepada Kepolisian karena terkait dengan pelanggaran Pemilu ada mekanisme sendiri.

“Terkait dengan adanya temuan tindak pidana pemilu yang disampaikan, kami tunggu laporan dulu beserta dengan bukti buktinya,” kata AKP Refles P Girsang.(TN-03)

Related Articles

Back to top button