Ekonomi

Tahun Ini Desa Batujai Dapat Bantuan Perumahan Swadaya 150 Unit

Lombok Tengah, Talikanews.com – Tahun 2019 ini Desa Batujai mendapat Program Bantuan Stimulan Perumahan Suadaya (BSPS) dari Dinas Perkim sebabanyak 105 unit yang bantuan Program BSPS akan di bagi ke 19 kepala dusun. Persatu unit ruma di anggaran Rp. 17.500.000 semua itu inklud dengan ongkos tukang. Hal ini diungkapkan Alwan Wijaya Kepala Desa Batujai Kecamatan Praya Barat saat di konfitmasi media ini, Sabtu (18/5).

“Saya bersukur karena tahun ini Desa Batujai mendapat Program Bantuan Stimulan Perumahan Suadaya (BSPS) dari Dinas Perkim sebabanyak 105 unit dengan angaran biaya Rp. 17.500.000 termasuk biaya tukang,” ungkap Alwan Kades Batujai.

Selain itu kata Alwan Wijaya, Desa Batujai mendapatkan bantuan dana mulai dari ADD, DD, Retribusi dan bagi hasil pajak sejumlah 2.8 miliar, dana itu akan dianggarkan untuk sejumlah program seperti pemberdayan PKK, tataboga, perbengkelan, otomotif dan workshop, sementara untuk program pisik akan mengadakan rabat jalan pembukaan jalan baru di Dusun Petak dan pembuatan sumur bor di Dusun Bungkelotok, juga pemberdayaan kepala dusun ditingkatkan supaya menguasai IT dan harus paham mengenai administrasi dusun

“Semua itu kita proritaskan untuk kebutuhan hidup masyarakat kami termasuk pemberdayaan kadus yang harus kuasai IT,” terang Alwan Wijaya.

Dengan pertumbuhan penduduk Desa Batujai yang semakin meningkat, menurutnya tentu mulai dari tahun lalu pemerintah desa Batujai sudah memikirkan bagaimana pengolahan limbah rumah tangga dan saat ini sudah membentuk program Saluran Pembuangan Aliran Limbah (SPAL) dan sudah berjalan dari tahun 2018.

“Pertumbuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat tentu jumlah limbah juga semakin bertambah untuk itu kami pemerintah desa menbuat program SPAL,” tutup Alwan Wijaya.(TN-03)

Related Articles

Back to top button