Daerah

Ini Cara Kades Tanak Awu Manfaatkan ADD dan DD Tahun 2019

Lombok Tengah, Talikanews.com – Adanya Anggaran Dana Desa (ADD) dan (DD) Dana Desa yang di kucurkan pemerintah pusat melalui Pemerintah Daerah yang mana dana tersebut di kelola penuh oleh pemerintah Desa untuk pembangunan Desa serta pemberdayaan masyarakat desa setempat sesuai dengan amanat UU Permendagri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Seperti yang disampaikan Kepala Desa Tanak Awu Wisnu Wardana di ruang kerjanya, Selasa (14/5) bahwa untuk anggaran tahun 2019 ini Pemerintah Desa Tanak Awu mendapat anggaran dari ADD, DD, Retribusi dan Pajak sebesar Rp. 2.6 Miliar lebih, dana itu akan di fokuskan untuk pembangunan program fisik seperti jalan usaha tani, jalan dusun dan pemberdayaan sumberdaya manusia karena semua itu dinilai penting.

“Anggaran tahun 2019 ini Pemerintah Desa akan fokuskan untuk pembangunan program fisik seperti jalan usaha tani, jalan dusun dan pemberdayaan sumberdaya manusia sebagian juga dana itu akan kita anggarkan untuk penyelesaian kantor desa yang pisiknya sudah jadi tinggal tahap penyelesaian,” terangnya.

Tak hanya itu lanjut Wisnu Wardana secara prinsip untuk memajukan ekonomi itu yang paling efektif melalui pembangunan infrastruktur seperti jalan dan hal ini menjadi roda perekonomian di desa yang akan berjalan dengan sendiri.

“Menurut saya kalau mau meningkatkan dan memajukan ekonomi masyarakat paling tidak kita harus perbaiki dulu infrastruktur jalan karena itu mempermudahkan akses keluar masuk,” imbuhnya

Dia juga mengakui bahwa dalam menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Pemerintah Desa Tanak Awu bersama semua staf turun ke tiap-tiap dusun dengan membagi menjadi 2 tim untuk menggali aspirasi masyarakat.

“Kami turun langsung bersama tim yang terbagi menjadi 2 tim ke tiap-tiap dusun untuk menggali aspirasi masyarkat,” pungkasnya.(TN-03)

Related Articles

Back to top button