Daerah

Bupati Loteng Berharap Job Fair 2019 Dapat Menekan Angka Pengangguran

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah bisa di katakan aktif menjalankan perannya sebagai pelayan masyarakat dalam menyajikan ribuan informasi lowongan pekerjaan yang di sampaikan melalui Job Fair yang dibuka mulai hari ini, Rabu (24/04).

Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) itu terdapat 34 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan jumlah tenaga kerja yang di butuhkan sekitar 5255 yang mana angka ini cukup besar dan mampu menekan angka pengangguran khususnya di Lombok Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Lombok Tengah H M.Suhaili FT ketika membuka Job Fair mengatakan dengan dibukanya lowongan kerja lewat Job Fair yang dimotori oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang bekerja sama dengan 34 perusahan
merupakan langkah yang sangat efektif dalam mengurangi angka pengangguran dan secara tidak langsung akan meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan adanya penghasilan lewat pekerjaanya.

“Kita patut syukuri adanya Job Fair yang di selenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigtasi (Disnakertrans) ini karena secara tidak langsung dapat menekan angka pengangguran khususnya di Loteng,” Jelas Suhaili.

Orang nomor satu di Loteng Itu juga menyampaikan pesan kepada para pencari kerja untuk jangan terpaku sebagai karyawan saja melainkan menyarankan untuk berani membuka lapangan pekerjaan sendiri karena peluang usaha di Lombok Tengah sangat terbuka lebar seiring dibangunnya sirkuit MotoGP di kawasan ITDC Mandalika.

“Jangan terpaku sebagai karyawan saja sekali-kali beranikan diri membuka lapangan pekerjaan sendiri tentu sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang di miliki,” tegas Suhaili.

Lebih jauh ia memaparkan potensi dan peluang usaha yang akan cukup menjanjikan ketika nantinya sirkuit MotoGP sudah mulai beroprasi tentu akan lebih banyak lagi yang di butuhkan mulai dari tenaga kerja sampai pelaku bisnis namun pasti mulai dari sekarang harus menyiapkan diri untuk bersaing supaya tidak kalah dengan orang luar.

“Tentu kebutuhan tenaga kerja dan peluang usaha nantinya akan lebih banyak di butuhkan namun mulai dari sekarang kita harus menyiapkan diri untuk bersaing supaya tidak kalah dengan orang luar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Lombok Tengah, H.Masrun memaparkan jumlah lowongan kerja lewat job fair tahun 2019 ini sebanyak 5.225 lowongan pekerjaan dengan jumlah perusahaan sebanyak 34 yang mana Job Fair ini jadwalnya di majukan dari yang semula di rencanakan dibuka pada bulan Oktober 2019 yang bertepatan dengan HUT Loteng.

“Sebenarnya Job Fair tahun ini akan dilaksanakan Oktober bertepatan dengan HUT Lombok Tengah tapi melihat dampak bencana, yakni meningkatnya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maka jadwal pelaksanaan Job Fair dimajukan,” terang Masrun.

Adapun rincian 34 nama perusahan dan jumlah lowongan tenaga kerja di Job Fair yang di butuhkan sebegai berikut Bank Sinarmas 2, Mandiri Cipta Harmoni 512, PT. MG Indonesia 84, Bank BTPN Syariah Mataram 20, BRI Syariah Praya 3, PT. Yamaha Metro 13, PT.Sinar Mas Praya 13, PT.Global Retalindo Mataram 45, PT.Duta Megatama Cipta (D.Praya) 2, Hotel Melati Kuta 11, PT.Jiwasraya Mataram 100, PT.PNM 41, PT.FIF 26, LP2GM 300, PT. Mandala 43, PT.NSC Mobil Praya 2, PT.Indomarco Prismatama 135, MPM Finance 7, RS Cahaya Medika 23, UD.APOLLO 2, D.Max Hotel 2, PT.PKSS 5, PT.Lombok Putra Gas 5, PT. Mitra Lombok Gas 3, PT.Lambang Sejati 15, PT. Astra Motor Batujai 8, PT.BFI Mataram 40, PT.Sariguna Primatirta 8, PT. PJM 30, PT. Bank Mandiri 10, BLK Praya 128, BLK Lotim 2400, PT. Gandari Jaya 1200 dan Radio Rizki Barokah sebanyak 17 Lowongan. (TN-03)

Related Articles

Back to top button