Ekonomi

BUMDes di Sumbawa Barat Dibekali Ilmu Perpajakan

Sumbawa Barat, Talikanews.com -Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Sumbawa Barat mendapatkan pembekalan dan edukasi terkait pengisian perpajakan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) melalui Bidang Pemberdayaan Ekonomi bekerjasama dengan Kantor Pajak Pratama Sumbawa Besar pada Selasa (23/04).

Kegiatan yang dilakukan di Kedai Sawah Jemutar Telu Center (KTC) tersebut dihadiri oleh seluruh ketua dan bendahara Bumdes yang ada di Sumbawa Barat.

“Dalam kesempatan ini diharapkan Bumdes yang ada harus mulai fokus pada salah satu unit usaha unggulan dan di harapkan berikrar taat pada pajak. Kondisi Bumdes yang ada saat ini setidaknya 50% telah berjalan aktif dan ke depannya bumdes yang aktif akan didampingi secara lansgung oleh DPMD dan Kantor Perpajakan,” ungkap Trisman ST. MP.

Trisman juga mengatakan selain taat pada perpajakan BUMDes juga harus memahami manfaat yang di hasilkan dari membayar pajak sehingga bumdes tidak teledor untuk membayar pajak.

“Bumdes harus paham bahwa SPT bumdes berbeda dengan SPT bendahara desa sehingga diharapkan taat bayar pajak. Pajak yang dibayarkan terSebut nantinya akan kembali digunakan untuk membangun desa setempat,” bebernya.

Trisman. ST. MP juga menambahkan,” semoga dengan edukasi dan asistensi ini dijadikan motivasi agar menjadikan Bumdes di Sumbawa Barat yang transparan dan akuntabel dalam rangka kualitas penggunaan anggaran dana desa,” tutupnya.(TN-06)

Related Articles

Back to top button