Politik

Diduga ada pelanggaran PPK, Tim Advokat pemenangan PKS, Tindak lanjutkan ke Bawaslu

Lombok Tengah, Talikanews.com – Ketua Tim pemenangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M. Jabir bersama Husni Tamrin, SH Tim advokasi DPD PKS Lombok Tengah serta didampingi Caleg DPRD Loteng Dapil 1 Praya Praya Tengah H. Ahmad Supli SH mendatangi Kantor Bawaslu Lombok Tengah untuk memasukkan laporan dugaaan pelanggaran PPK dan Panwascam Kecamatan Praya Tengah yang dianggap masif dan terstruktur ke Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah, Senin (22/04).

Muhammad Jabir membeberkan dugaan pelanggaran yang dilakukan PPK dan Pamwascam Praya Tengah terkait dengan mekanisme perhitungan suara yang diduga melakukan persekongkolan antara PPK Praya Tengah dengan Panwascam Praya Tengah dimana ketika saksi dari PKS mempermasalahkan angka perolehan masing-masing caleg baik di tingkat pusat maupun kabupaten dan pihak saksi meminta PPK untuk mengecek kebenaran tersebut untuk membuka C 1 plano namun pihak PPK dan Panwascam tidak mau membuka dokumen tersebut.

“Ketika saksi dari PKS meminta pihak PPK dan Panwascam Praya Tengah untuk membuka dokumen C 1 Plano tidak mau, maka kami bertanya ada apa di balik semua ini, namun setelah dibuka dokumen tersebut data yang di suguhkan tidak singkron,” ungkap Jabir.

Selanjutnya Husni Tamrin SH selaku Ketua Tim Advokasi DPD PKS Lombok Tengah mengatakan bahwa dugaan pelanggaran tersebut menjadi nyata ketika pada hari Ahad 21 April 2019 salah seorang Ketua PPS menghubungi Tim Pemenangan PKS dan menawarkan diri penambahan suara PKS, hal itu merupakan bukti dan patut di curigai adanya perolehan suara yang telah di atur secara sistematis, terstruktur dan masif.

“Apa tujuan salah satu dari KPPS yang sudah menghubungi kami dan menawarkan ke kami agar suara PKS di tambahkan,” ucap Husni Tamrin.

Sementara itu Komisioner Banwaslu Bq. Husnawaty membenarkan adanya laporan yang telah diterima pihaknya dan akan segera berkoordinasi dengan jajaran yang ada di Banwaslu Loteng kemudian akan segera mengirimkan hasil langkah tersebut ke KPU.

“Ia baru saja saya terima laporan itu dan akan di pelajari dulu kemudian akan segera kami proses sesuai dengan mekanisme peraturan peyelenggara pemilu yang ada,” pungkasnya.

Selanjutnya Tim Pemenangan PKS Lombok Tengah menyerahkan surat laporan dengan isi tuntuntannya sebagai berikut :
– Menghentikan sementara proses perhitungan suara di PPK Kecamatan Praya Tengah sampai segala perangkat perhitungan suara sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.
– Menghitung ulang perolehan suara pada desa-desa yang sudah dilaksanakan perhitungan sebelumnya, seperti Desa Jurang Jaler dan Desa Praimeke.
– Segera memeriksa keseluruhan anggota PPK, Panwascam dan PPS terhadap kesengajaan melakukan pelanggaran pemilu.
– Memberhentikan anggota PPK Panwascam dan PPS yang terlibat dalam pelanggaran tersebut.(TN-03)

Related Articles

Back to top button