Sosial

Korban Gempa Loteng Terima Bantuan Jaminan Hidup, Ini Jumlahnya

Lombok Tengah, Talikanews.com – Direktur Perlindungan Sosial Dan Korban Bencana Alam Margiono didampingi Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah menyerahkan langsung bantuan Jaminan Hidup (JADUP) kepada korban gempa Lombok di Kantor Cabang BRI Praya, Kamis (18/04).

Adapun penerima manfaat dari Program Anggaran Bantuan Jaminan Hidup (JADUP) di Kabupaten Lombok Tengah yang sudah tervalidasi sebanyak 650 jiwa dengan anggaran masing-masing jiwa mendapatkan bantuan sebesar Rp. 600.000 sementara yang belum tervalidasi sebanyak 24.826 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 149.392.

Margiono salaku Direktur Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam mengatakan dengan diluncurkan program bantuan Jaminan Hidup (JADUP) ini berharap masyarakat korban gempa dapat sedikit terbantu dengan adanya dana JADUP ini.

“Saya berharap dengan dikucurkan dana Jaminan Hidup (JADUP) sebesar 390 Juta untuk 650 jiwa pertama dapat sedikit membantu korban gempa yang ada di NTB khusunya di Lombok Tengah,” ujar Margiono

Bukan hanya itu Margiono juga mengatakan akan ada pengucuran anggaran tahap kedua lagi dengan jumlah penerima lebih besar dari tahap pertama, namun data itu masih belum di validasi karena masih di verifikasi dan di kaji untuk mendapatkan data yang akurat serta tepat sasaran karena kalau tidak tepat sasaran mau di rubah nanti susah prosesnya lumayan panjang sama seperti PKH.

“Penerima Bantuan Jaminan Hidup (JADUP) di tahap kedua nanti khusus Lombok Tengah jumlah penerima akan lebih banyak dengan jumlah jiwa 149.392 yang belum tervalidasi mudah mudahan segera tervalidasi,” ungkapnya.

Lanjut Margiono secara keseluruhan penerima bantuan Jaminan Hidup (JADUP) di NTB dengan masing-masing Kabupaten dan kota yang sudah tervalidasi ada 4 daerah yakni mulai dari Kota Mataram 7642 jiwa, Lombok Tengah 650 jiwa,Lombok Barat 3380 jiwa dan Sumbawa Barat sebanyak 7427 jiwa.

“Sedangkan data usulan yang belum tervalidasi Kota Mataram 1249 jiwa, Loteng 149.392 jiwa, Lobar 285.508, Sumbawa Barat 66.420 jiwa, Sumbawa 46.914 jiwa, Lombok Utara 233.541 dan Lombok Timur 32.68,” terangnya.

Terpisah Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah berharap bantuan jaminan hidup (JADUP) ini dapat meringankan kebutuhan sehari-hari korban gemba beberapa bulan lalu

“Saya berharap bantuan jaminan hidup (JADUP) ini dapat meringankan kebutuhan sehari hari dan dapat di mamfaatkan sebaik mungkin,” tutup Nursiah.(TN-03)

Related Articles

Back to top button