Lifestyle

Dandim 1620/Loteng Cek Kesiapan Logistik Pemilu Menjelang Hari Pencoblosan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Untuk menjamin kelancaran dan keamanan menjelang pemilu tanggal 17 April yang tinggal 4 hari lagi, Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, SE, M.I.Pol, bersama Kabag Ops Polres Loteng Kompol Sutriyanto Dan Komisioner Bawaslu Loteng Usman serta Kapten CHB Heri Susanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lombok Tengah untuk memastikan persiapan distribusi logistik.

Kali ini lokasi sidak ada dua tempat yakni di Gudang 1 logistik pemilu yang berada di Sekretariat KPU Loteng dan di Gudang logistik eks Kantor DPRD Loteng Jalan Gajah Mada Praya Lombok Tengah.

Saat pengecekan, Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, SE, MIPol, mengatakan tujuan dari sidak gabungan TNI-POLRI dan Bawaslu ke KPU hanya untuk memastikan kesiapan logistik mengingat pemilu sudah memasuki H -4 jadi perlu dilakukan pengecekan semua alat kelengkapannya.

“Mengingat pemilu sudah memasuki H -4, kami perlu mengecek bersama-sama untuk memastikan semua alat kelengkapannya siap agar jangan sampai terjadi seperti di negara malaysia,” Ujar Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto.

Selain itu orang nomor satu di jajaran Kodim 1620/Loteng ini menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk memberikan hak suara pada Pemilu serentak tanggal 17 April mendatang dan TNI Polri bersama komponen bangsa lainnya menjamin keamanan seluruh warga masyarakat sampai ke TPS.

“TNI bersama komponen penyelenggara dan keamanan lainnya menjamin keamanan sebelum, selama sampai dengan selesai seluruh Proses pelaksanaan Pileg dan Pilpres,” tegasnya.

Sementara Kabag Ops Polres Loteng Kompol Sutriyanto menyatakan kesiapan personil Polres termasuk Babinkamtibmas dalam pengamanan mulai pendistribusian logistik pemilu di tiap-tiap desa mulai dari hari pendristribusiannya tanggal 15 -16 April 2019 sampai hari pencoblosannya.

“Saya bersama personil babinkantibmas sudah siap menjaga dan mengamankan pemilu mulai dari hari pendristribusian logistik sampai hari pencoblosanya,” ujar Kompol Sutriyanto

Sedangkan Ketua KPU Loteng Ahmad Fuad Fahrudin optimis pelaksanaan Pemilu akan berjalan baik dan lancar sebab aparat keamanan yakni TNI Polri memberikan jaminan terhadap keamanan proses dari awal sampai dengan akhir Pemilu.

“Sampai saat ini masih belum ada kendala yang sangat signifikan terhadap logistik pemilu walaupun sebelumnya ada kekurangan surat suara namun sekarang sudah terpenuhi, jadi untuk logistik Pemilu dan alat kelengkapannya dipastikan sudah siap semuanya,” ujar Fuad Fahrudin.

Lebih jauh Ketua KPU Loteng menjelaskan untuk distribusi logistik akan dimulai tanggal 15-16 April 2019 dengan menggunakan 36 armada dengan pola pendistribusian berbasis surat suara.

“Kita akan distribusikan logistik pemilu dari KPU langsung menuju ke TPS dengan pengawalan dari TNI Polri, dengan mengacu pada PKPU nomor 3 tahun 2019 pasal 20, bahwa KPPS memastikan perlengkapan dan penghitungan surat suara dan dukungan perlengkapan lainnya sudah diterima oleh KPPS dari PPS paling lambat 1 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara,” pungkasnya.(TN-03)

Related Articles

Back to top button