Hukum & Kriminal

Puluhan Warga Prabarda Datangi Polres Loteng Minta Kamarudin Di Bebaskan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Mengatasnamakan diri Forum Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Praya Barat Daya pagi tadi mendatangi Markas Polres Lombok Tengah sambil berorasi di depan pintu masuk Polres Lombok Tengah menuntut Kamarudin, SH di bebaskan karena dianggap tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi, Kamis (11/04).

Seperti yang disampaikan Abdul Halim selaku Korlap aksi yang mempertanyakan alasan Camat Praya Barat Daya Kamarudin, SH begitu cepat di tahan oleh Polres Lombok Tengah dan terkesan kasus ersebut dipaksakan, padahal tidak ada indikasi kerugian negara yang di perbuat oleh Camat Praya Barat Daya Kamarudin, SH sedangkan penggelapan uang yang disangkakan itu sudah di berikan kepada marbot yang ada di Kecamatan Praya Barat Daya.

“Ada apa dengan kasus yang menimpa Camat Praya Barat Daya ini, seakan-akan terkesan di paksakan oleh Polres Lombok Tengah,” ujar Halim sapaan Abdul Halim.

Dia juga menambahkan pada minggu yang lalu semua Kepala Desa se Kecamatan Praya Barat Daya dan semua marbot sudah mengajukan surat penagguhan penahanan untuk Kamarudin, SH namun sampai hari ini belum terima jawaban resmi dari Polres Loteng.

“Kami menunggu jawaban dari Polres Loteng atas surat pengajuan penagguhan penahanan tersebut,” imbuh Halim.

Begitu juga yang disampaikan Junaidi selaku Korlap umum sangat menyayangkan tindakan Polres Lombok Tengah yang terburu-buru dalam menangani kasus ini padahal inspektorat selaku lembaga pemerintah daerah yang resmi melakukan audit sudah mengeluarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan hasilnya tidak ada kerugian negara yang di timbulkan oleh Kamarudin SH.

lantas apa alasan Polres Loteng menahan saudara Kamarudin SH.

“Kami mempertanyakan alasan apa Polres Loteng menahan Kamarudin dan hari ini saya minta Kamarudi SH di bebaskan,” tanya Junaidi.

Junaidi meminta apabila tuntutannya tidak di penuhi maka Forum Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Praya Barat Daya akan mendatangi Polda NTB, melaporkan kasus tersebut.

“Dalam waktu dekat kami bersama keluarga Kamarudin dan warga akan melaporkan kasus ini ke Polda NTB,” tegas Junaidi.

Sementara Kabag Ops Polres Loteng Kompol yang menemui massa menghimbau kepada warga untuk tetap tenang mengikuti proses hukum yang berlaku pada saudara Kamarudin dengan berorasi tertib tidak tersulut api emosi dan bersama-sama mengedepankan rasa aman damai.

“Insya Allah nanti saya sampaikan ke Kapolres Loteng apa yang menjadi permintaan suadara-saudara,” ujar Kompol

Terpisah Kasat Reskerim AKP Raples F Girsang menyangkal tuduhan tentang pemeriksaan tersangka Kamarudin SH dalam kasus dugaan pengelapan dana marbot yang terkesan dipaksakan.

“Saya melakukan pemeriksaan dan penahanan terhadap saudara Kamarudin SH, sudah sesuai dengan aturan dan mekanisme hukum yang ada dan sesuai dengan UU Tipikor bahwa Kamarudin SH terbukti melakukan Tindak Pidana Korupsi dana marbot, jadi walaupun di kembalikan uang tersebut bukan berarti Tipikornya itu selesai hanya saja untuk meyakinkan Hakim di persidangan dalam meringankan tersangka dengan adanya itikad baiknya,” jelas Rafles.

Rafles juga mengatakan terkait dengan penangguhan penahanan sudah terjawab secara lisan kepada kuasa hukumnya.

“Saya sudah menjawab secara lisan kepada kuasa hukumnya,” tutup Raples.(TN-03)

Related Articles

Back to top button