Pendidikan

Keren… SD di Sumbawa Barat Sulap Sampah Jadi Indah

Sumbawa Barat, Talikanews.com – Sekolah Dasar Negri (SDN) 02 Maluk, Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat memiliki program khusus dalam membina murid-muridnya selain program belajar mengajar, sekolah yang mempunyai 363 murid itu memiliki program yamg di namakan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup ( PPLH) yang di mana program tersebut berfokus kepada pengelolaan sampah.

Hermansah salah satu guru pencetus ide kegiatan tersebut menceritakan kegiatan yang di lakukan satu bulan terkhir itu kepada wartawan Senin (08/04), dimana program tersebut dibagi menjadi beberapa Item diantaranya, sedekah sampah, ekobrik, sampah plastik, kreatif dengan sampah dan apotik hidup.

“Kegiatan ini hasil dari pemikiran rekan-rekan guru dan kami fokuskan program ini dalam penanganan sampah dan ini kami melakukan berawal dari banyaknya sampah sehingga kami dari pihak sekolah melakukan kegiatan ini. Selain menciptakan kebersihan lingkungan sekolah, kami juga berharap dengan kegiatan ini siswa menanamkan jiwa kebersihan lingkungan dan wali siswa juga sadar akan kebersihan lingkungan terlebih lagi di sadari untuk masyarakat banyak,” ucapnya.

Kegiaan tersebut mendapat respon positif dari wali murid yang di wawancarai media ini, “Ini kegiatan positif yang di lakukan pihak sekolah dan ini harus kita dukung sepenunya,” ungkap Kalsum salah satu wali murid.

Senada dengan Kalsum, Muhamad Saleh S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SDN O2 Maluk Mensuport baik kegiatan tersebut, menurutnya disamping menyadarkan siswa, wali siswa dan pendidik masalah sampah juga telah menjadi isu nasional yang harus di tangani terlebih lagi kegiatan itu mendapatkan antusiasme dari wali murid.

“Program ini tidak masuk dalam RKS Sekolah tidak ada dianggarkan, ini murni nenggunakan dana pribadi dari rekan-rekan guru demi untuk memotivasi siswa dan wali siswa, dan terbukti Antusiasme siswa dan wali murid di kegitan positip ini berjalan baik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, “yang mahal dalam kegiatan ini kreativitasnya dan mereka berbuat untuk dan demi sokoah agar bebas dari sampah dan Memberi pemahan yang bisa di serap oleh siswa, mana sampah yang bisa di daur ulang dan mana yang tidak bisa,” pungkasnya.(TN-06)

Related Articles

Back to top button