Politik

Bawaslu NTB Akan Panggil Penanggungjawab Kampanye Prabowo

Mataram, Talikanewscom – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB akan panggil beberapa pihak terutama penanggungjawab kampanye rapat umum calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto yang berlangsung pada Selasa (26/3) di Mataram kemarin.

Koordinator Devisi Hukum data dan Informasi Bawaslu NTB, Suhardi menyampaikan, ada beberapa hasil pengawasan saat kampanye rapat umum calon presiden nomor urut 2.

Dimana, ada dugaan melibatkan kepala desa, anak dibawah umur. Oleh sebab itu, akan mengundang Ali Usman selaku penanggungjawab kampanye itu untuk klarifikasi.

“Ini hasil sementara pengawasan, akan tetapi belum menjadi temuan karena itu akan kita undang pihak Ali Usman dan Harun Zainul Aidi,” ucapnya pada sejumlah wartawan dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019, Kamis (28/3).

Dia mengaku, sudah mengundang pihak-pihak tersebut untuk klarifikasi. Selain itu ditemukan pula adanya atribut partai politik yang hadir dalam kampanye diluar dari parpol yang menjadi pengusul dan pengusung paslon nomor urut 02 itu.

Dalam proses pengawasan pihak Bawaslu sangat kesulitan karena pelapor baru satu orang dan selebihnya hanya menginfokan lewat aplikasi WhatsApp (WA).

“Pelapor kita sangat minim dan menjadi tantangan, pelapor tidak hanya dari parpol tapi masyarakat boleh melapor yang penting memenuhi syarat,” tegasnya.

Terkait hal itu, penanggungjawab kampanye, Ali Usman membenarkan dirinya sebagai penanggung jawab kampanye Paslon nomor urut 2.

Mengenai rencana pemanggilan, itu memang tugas Bawaslu untuk memastikan proses Pileg dan Pilpres berlangsung sesuai dengan aturan main yang sudah diatur dalam undang-undanng dan aturan lainnya.

“InsyaAllah saya akan datang memberikan keterangan,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button