Daerah

Hanya 3 Desa di Prateng Yang Bisa Cairkan Dana Desa, Lainnya Masih Nunggu

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dengan adanya alokasi dana desa yang di gelontorkan cukup besar oleh pemerintah pusat melalui pemerintah daerah kini terlihat langsung begitu besar dampaknya terhadap pembangunan desa- desa yang ada di Lombok Tengah Khusunya 9 Desa di kecamatan Praya Tengah.

Camat Praya Tengah Drs. Sahri, MM ketika di konfirmasi di ruangan kerjanya, Senin (18/3) mengatakan, memang benar semenjak adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat melalui pemerintah daerah yang dikelola langsung oleh pemerintah desa kini terlihat sangat besar dampaknya terhadap pembangunan yang ada di 9 desa tersebut.

“Kita patut syukuri adanya dana yang di gelontorkan pemerintah pusat untuk pembangunan desa,” ujarnya.

Sahri juga menambahkan pada anggaran tahun 2019 secara keseluruhan Kecamatan Praya Tengah mendapat bantuan dana dari pusat sekitar 20 M yang mana akan di bagi secara variatif ke 9 desa yang ada di Praya Tengah ini berdasarkan profil desa tersebut.

“Dana sekitar 20 M itu khusus untuk 9 desa yang ada di Camat Praya Tengah dan akan di bagi secara pariatif berdasarkan profil desa,” inbuh Sahri.

Adapun besaran pembagian dana yang akan di terima oleh 9 desa secara keseluruahan itu, dari DD, ADD dan PBH berada di kisaran angka 1.8 M sampai 2.5 M per desa pada tahun 2019 ini.

Namun Sahri menyayangkan dari 9 desa yang ada di Praya Tengah ini masih ada 6 desa yang belum menyelesaikan administrasi syarat untuk pencairan anggaran itu seperti RKPJM Des, RKP Des, APBdes, PADes dan Perdes Bumdes, sementara baru 3 desa yang sudah lengkap dan sudah di tanda tangani itu sudah bisa di cairkan.

“Baru 3 desa yang sudah lengkap admistrasi syarat pencairan dana itu sementara yang 6 desa masih dalam tahap penyelesaian,” tutupnya.(TN-03)

Related Articles

Back to top button