Politik

Berikan Baksos, HBK Akan Bangun Klinik Kesira Untuk Masyarakat Miskin

Lombok Utara, Talikanews.com – Tim Kesehatan Indonesia Raya ( Kesira ) HBK memberikan bakti sosial (Baksos) berupa layanan kesehatan gratis bagi warga Desa Sambik Bangkol KLU.

Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra, Haji Bambang Kristiono yang akrab disapa HBK itu menyampaikan niatnya kedepan, jika tidak ada kendala. Akan membangun klinik Kesira dihajatkan untuk masyarakat miskin.

Malah, setelah perhelatan Pileg/Pilpres 2019, dirinya berkeinginan meningkatkan status Tim Kesira HBK Center KLU menjadi Badan Kesira KLU berbadan hukum, dilengkapi legalitasnya agar kiprah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kecil di KLU bisa lebih maksimal.

“Saya ingin mengembangkan Tim Kesira HBK Center KLU ini menjadi Badan Kesira yang berbadan hukum, agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat kecil yang membutuhkan. Dan kalau sudah berbadan hukum, target berikutnya adalah membangun Klinik Kesira untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat miskin yang membutuhkan,” ungkapnya Rabu (13/3).

HBK menegaskan, Baksos Kesira HBK Center KLU ini adalah pilot project HBK dalam memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat miskin/petani yang membutuhkan.

“Jika respon baik dari masyarakat, inshaa Allah akan saya kembangkan juga di Kabupaten lainnya di Pulau Lombok ini,” kata dia.

Dia menambahkan, kiprah Tim Kesira HBK Center KLU sekarang ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan, tapi kita semua di Tim Kesira HBK Center KLU sudah bertekad untuk tidak menunggu besar dulu kemudian baru berbuat kepada masyarakat.

“Walaupun masih kecil, tapi kita sudah memulainya. Kita berangkat dari yang kecil dulu, yang sederhana dulu yang penting action,” tukasnya.

Ketua HBK Center KLU, Ustads Mohamad Zainur, mamaparkan, selain memberikan layanan kesehatan gratis secara berkala dan rutin disetiap hari. Pihaknya juga telah memberikan pelayanan Ambulan gratis bagi warga masyarakat miskin yang membutuhkan, termasuk memfasilitasi warga yang meninggal dunia.

“Kami juga mendonasikan bantuan alat kesehatan seperti kursi roda, tongkat penyangga, terpal dan lainya,” tutur dia

Baksosbini lanjut dia, sudah dimulai sejak gempa bumi beruntun yang terus dikembangkan, ditingkatkan lagi perannya setelah HBK Center KLU dibentuk, kurang lebih 3 bulan lalu.

“Semua kegiatan sosial yang dilakukan secara swadaya tanpa ada motif apapun. Ini adalah bagian dari Jihad kita dalam membantu kesulitan masyarakat kecil dan para petani di bidang kesehatan,” tambahnya.

Disatu sisi, Ketua Kesira HBK Center KLU, Lalu Saijudin menceritakan, memasuki musim pancaroba banyak masyarakat l menderita sakit flu, demam, batuk, pilek, alergi dan penyakit kulit terutama terjadi pada anak-anak dan kaum perempuan.

“Untuk gejala penyakit dengan Symptoms ringan, Tim Kesira HBK Center KLU memberikan layanan cek tekanan darah maupun pemberian obat2an. Sementara untuk penyakit berat akan merujuknya ke Rumah Sakit terdekat,” terangnya.

Saijudin menambahkan fasilitas seperti Ambulance Gerindra diberdayakan bagi masyarakat selama 24 jam tanpa hari libur.
Keberadaan HBK Centre itu dirasakan masyarakat KLU seperti disampaikan Kadus Dusun Kopong Sebangun, Nurjadin. Dia mengaku, warganya merasa sangat terbantu dengan adanya bakti sosial (Baksos) layanan kesehatan gratis oleh Tim Kesira HBK Center KLU ini.

“Kami berharap agar layanan kesehatan gratis ini bisa terus berlangsung, dan Tim Kesira HBK Center KLU secara rutin bisa mendatangi dan membuka Posko di Dusun Kopong Sebangun ini, agar warga saya bisa tetap terawat kesehatannya,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button