Daerah

Wagub NTB Pacu Bidang Kesehatan Melalui Rakerkesda 2019

Mataram, Talikanews.com – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menekankan adanya output pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) agar mendorong pembangunan bidang Kesehatan di NTB.

“Kegiatan ini, harus memiliki hasil. Setidaknya, mampu memacu bidang kesehatan untuk masyarakat,” ungkapnya saat Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) melalui Pertemuan Rapat Koordinasi Teknik (Rakontek) Terpadu Bidang Kesehatan Rabu (13/3), di Mataram.

Dia menegaskan, Rakerkesda ini harus mempunyai target yang besar, harus benar-benar bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap pembangunan kesehatan tidak hanya sekedar seremoni.
Karena, masalah kesehatan itu harus diatasi dari hulu terutama terkait pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

”Tugas kita yaitu bagaimana program yang bagus ini, betul-betul terimplementasi hingga masyarakat bawah, bagaimana menyelesaikan masalah kesehatan ini dari titiknya atau dari hulu,” kata dia.

Pada kesempatan itu juga, Rohmi terus mengingat semua pihak agar revitalisasi posyandu dapat berjalan dengan baik. Karena, keberadaan posyandu tersebut sangat besar manfaatnya, disamping memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga mampu mengumpulkan data berapa jumlah anak yang sakit dan lainnya sebagainya.

”Mudah-mudahan dengan kerja kita bersama, kita memiliki pandangan yang sama tentang kesehatan ini, sehingga apapun hasil dari rapat ini bisa memberikan efek yang baik terhadap pembangunan kesehatan di NTB ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, Rakerkesda 2019 Provinsi NTB dihadiri Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M (K), beserta jajarannya, Ketua TP PKK Provinsi NTB, Dr. Hj. Niken Saptarini Widyawati, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Daerah Kabupaten/Kota se NTB, dan Dinas-dinas terkait lainnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara ketua PKK Provinsi NTB dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kader PKK dan kader Posyandu oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Pembukaan Rakerkesda 2019 ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat.(TN-04)

Related Articles

Back to top button