Pariwisata

Pastikan Percepatan Sirkuit MotoGP, Gubernur NTB Bentuk Tim Khusus

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi NTB membentuk tim akselerasi pemantapan untuk memastikan kesuksesan gelaran MotoGP di sirkuit terbuka yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah yang rencananya digelar tahun 2021 mendatang.

Pembentukan tim tersebut di instruksikan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah selaku dewan kawasan KEK Mandalika pada Rapat Pimpinan (Rapim) OPD lingkup Pemprov NTB, di Kantor Gubernur NTB.

“Tim ini semata-mata untuk pemantapan menyambut MogoGP. Panitia atau tim percepatan dan pemantapan ini dipimpin pak Sekda (Sekda NTB H Rosiady Sayuti) sebagai Ketua,” ungkap Komisaris PT ITDC juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, H Lalu Gita Aryadi.

Tm ini nantinya akan berkoordinasi dengan ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika, dan mengawal serta memastikan persiapan di kawasan yang akan menjadi lokasi sirkuit MotoGP.

Selain itu, aspek-aspek lain dari kegiatan international sport itu juga akan menjadi tugas tim, termasuk penyiapan destinasi wisata dan peluang ekonomis bagi masyarakat.

Percepatan dan pemantapan dilakukan menyusul ditetapkannya KEK Mandalika sebagai lokasi MotoGP 2021 sesuai kontrak kerjasama pihak Dorna Sport selaku penyelenggara dan ITDC selaku pengelola kawasan Mandalika.

Gita mengatakan, saat ini proses pembangunan infrastruktur sedang dikebut. ITDC menyiapkan infrastruktur dasar untuk sirkuit, sementara pembangunan sirkuit terbuka berstandar internasional akan dilakan pihak Vinci Group, investor dari Perancis.

“Vinci juga akan membangun sejumlah hotel berbintang. Tapi karena ada MotoGP tentunya sirkuit ini yang jadi prioritas,” kata Gita.

Bagaimana dampak Positif Iklim Investas? Lalu Gita Aryadi mengatakan, ditetapkannya Mandalika sebagai lokasi MotoGP 2021 membawa sentimen positif untuk iklim investasi di NTB.

“Dampak sangat signifikan. Tadinya orang drop dan turun minat untuk investasi di NTB apalagi pasca gempa bumi (2018). Sekarang terbuka kembali, karena event MotoGP ini kan berkelas dunia,” katanya.

Selain itu, menurutnya, dampak ikutan di sektor sport tourism juga akan luar biasa. Pasca MogoGP 2021, Lombok bisa saja kembali dipilih sebagai lokasi event sport tourism berkelas internasional lainnya.

“Ini bisa jadi momentum pariwisata NTB untuk lebih melejit lagi,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button