Pariwisata

Event Bau Nyale Masuk Kalender Wonderful Nasional

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sebelum acara puncak bau nyale di Pantai Seger Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah NTB diselenggarakan, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah beserta Wabup Loteng H.L. Fathul Bahri, S.IP dan dari Kementerian Pariwisata RI Ibu Hesti R. Hastuti menyempatkan waktunya untuk jumpa pers di area belakang hotel Novotel, Minggu (24/02).

Kementerian Pariwisata Ibu Hesti R. Hastuti menjelaskan bahwa Pesona Event Bau Nyale merupakan salah satu dari 4 festival di NTB yang masuk dalam kalender wonderful. Pemerintah Pusat juga terus mendorong pengembangan destinasi wisata khususnya di Kawasan Mandalika karena menjadi destinasi wisata prioritas.

“Pesona Event bau Nyale merupakan salah satu dari 4 festival di NTB yang masuk dalam kalender wonderful,” jelasnya dihadapan awak media.

Begitu juga Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah pada confrensi pers mengatakan, dengan adanya festival Bau Nyale ini menjadi penyemangat NTB dan lebih sadar dalam mengembangkan potensi wisata yang dimiliki yang bersih, aman, asri, nyaman dan lestari, sehingga mengundang ketertarikan wisatawan se Indonesia dan dunia.

“Adanya event bau nyale ini menjadi penyemangat NTB dan kita lebih sadar dalam mengembangkan potensi wisata yang kita miliki,” terangnya.

Lanjut Rohmi, Event ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi semua pihak karena semua tahu bahwa seorang Putri Mandalika mengorbankan dirinya untuk menjaga kondusifitas dan keamanan.

“Event ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi kita semua karena kita semua tahu bahwa seorang Putri Mandalika sanggup mengorbankan dirinya untuk menjaga kondusifitas dan keamanan”tuturnya

Dia juga menambahkan terkait tempat penyelenggaraan festival ini yang dipusatkan dalam satu tempat bukan berarti ditempat lain tidak dikunjungi atau tidak indah, di Kawasan Mandalika juga banyak tempat indah lainnya dan masyarakat juga bisa menikmatinya.
Masalah Multi Player effect yang jelas dengan event ini minat wisatawan semakin meningkat dan dapat meningkatkan UKM dan perekonomian masyarakat.

Sementaea Wabup Loteng H.L. Fathul Bahri, S.IP mengatakan pada intinya dengan Event ini kita terus mengembangkan diri terbukti PAD Lombok Tengah 5 tahun lalu sebesar Rp. 35 Milyar sekarang menjadi Rp. 200 Milyar, APBD 5 tahun lalu di angka Rp. 900 Milyar sekarang jadi 2.2 Triliun.

Hal ini jelas telah menurunkan angka kemiskinan yang semula 15 % turun menjadi 13%. Untuk masalah titik penyelenggaraan festival kedepan akan kita tinjau ulang dan sepanjang pantai ini cukup banyak titik strategis yang bisa diselenggarakan untuk event Bau Nyale.

“Intinya dengan Event ini kita terus mengembangkan diri dan terbukti PAD Lombok tengah jauh meningkat jika dibandingakan 5 tahun lalu,” tutupnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button