Pariwisata

Menteri Kabinet Kerja Jokowi Akan Saksikan Tradisi Bau Nyale

Lombok Tengah, Talikanews.com – Masuknya tradisi masyarakat Sasak khusus masyarakat Lombok Tengah bagian selatan yakni Bau Nyale di kalender event nasional. Membuat beberapa Menteri kabinet kerja Joko Widodo, turun melihat kisah Putri Mandalika yang akan berlangsung tanggal 24-25 Februari 2019.

“Atas sinergitas pemerintah pusat membuat beberapa Menteri seperti Menteri Koperasi dan Menko Maritim dipastikan hadir pada malam puncak event Bau Nyale yang merupakan tradisi masyarakat Sasak, terpusat di Pantai Seger KEK Mandalika Resort, Kuta, Pujut, Loteng,” ungkap Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri, Sabtu (23/2).

Tidak hanya menteri kabinet kerja, malam puncak nanti juga akan dimeriahkan artis papan atas yakni Cakra Khan. Dimana, vokalis papan itu akan mempersembahkan sekaligus menghibur masyarakat yang hadir saat itu.

“Kondusifitas keamanan siap, karena kami sudah rapat koordinasi dengan Polri, TNI, tokoh masyarakat dan Forkompinda,” kata dia.

Dengan event tersebut, terlebih masuk kalendar nasional. Pihaknya sangat berharap dan memastikan, mampu mendatangkan wisatawan yang cukup banyak. Sehingga target kunjungan wisatawan tahun 2019 ini bisa mencapai 4 juta.

Dia sangat berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak, baik itu Pemerintah Pusat, Provinsi NTB atau semua lapisan masyarakat yang sudah mensuksekan rangkaian kegiatan Pesona Bau Nyale ini, termasuk kegiatan Karnaval ini.
Kepala Dispar NTB, HL Moh Faozal mengaku, sebelum event ini masuk kalendar nasional, memang sepenuhnya dikelola pemerintah daerah. Sehingga, kegiatan carnaval hanya di ikuti masyarakat setempat. Akan tetapi kali ini, sudah kalendar tahunan Kemenpar, oleh sebab itu melibatkan semua daerah.

“Kita sudah maksimal menampilkan adat, budaya masing-masing daerah pada kegiatan carnaval, tinggal malam puncak. Berkaitan dengan persiapan penyambutan, sudah tidak ada masalah alias beres,” tutur dia.

Yang jelas, segala persiapan menyambut hari puncak sudah tidak ada masalah. Malah, rambu-rambu evakuasi sudah disiapkan.

“Puncak acara akan dimeriahkan artis papan atas yakni Cakra Khan,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button