Nasional

Tilar Mendapat Penanganan Cepat, Ini Kata Baiq Diyah

Mataram, Talikanews.com – Langkah cepat berbagai pihak terutama Rumah RS Tripat Lombok Barat, Dinas Kesehatan Provinsi NTB serta Dinas Sosial Provinsi NTB yang memindahkan bocah penderita Retinoblastoma atau kanker mata ganas ke RS Provinsi NTB mendapat apresiasi dari Senator asal NTB yang terkenal dengan jilbab orange Baiq Diyah Ratu Ganefi.

“Secara pribadi dan atas nama keluarga Tilar, mengapresiasi pihak RSUP NTB yang dengan cepat menindaklanjuti pembicaraan saya dengan Menteri Kesehatan jadi bagaimanapun juga ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan mereka tidak punya maka, nomor satu kita pikirkan adalah mereka bisa mengakses rumah sakit dengan mudah,”ungkapnya, Minggu (17/2).

Dalam momentum menjenguk Tilar di ruang Gili Terawangan RSUP NTB, Minggu (17/2), Baiq Diyah menyatakan kondisi Tilar akan mendapatkan penangan medis lanjutan. Anggota DPD RI ini berharap kondisi Tilar akan terus membaik dan dapat di sembuhkan.
Baiq Diyah juga menghimbau masyarakat untuk segera mengakses BPJS. Sehingga persoalan administrasi terutama persoalan BPJS tidak menjadi hambatan di rumah sakit.

“Paling penting, mereka sudah mempunyai BPJS, nah inilah perlunya dinas kesehatan kabupaten kota untuk memberikan penyuluhan agar seluruh masyarakat yang tidak punya mendaftarkan diri kepada kadusnya kepala lingkungannya atau siapapun sehingga ketika mereka sakit mereka sudah ditanggung oleh pemerintah,” kata dia.

Senator yang juga ketua Iwapi NTB ini meminta agar penyuluhan pentingnya menjaga kesehatan makin di gencarkan.

“Masih banyak sekali Tilar-Tilar lainnya yang membutuhkan perhatian dari berbagai pihak baik provinsi maupun kabupaten kota himbauan saya agar tidak terjadi hal-hal yang miss komunikasi maka perlu digerakkan kembali para kader kader di desa yang memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama adalah masalah kesehatan,” harapnya.

Pihak rumah sakit telah melakukan CT Scan terhadap Tilar. Melalui CT Scan ini dapat melihat sejauh mana jaringan kanker yang di derita Tilar. Pihak rumah sakit belum memberikan keterangan kapan akan di ambil tindakan operasi terhadap Tilar.

Kabag Humas RSUP NTB, Solikin menegaskan, tugas rumah sakit adalah menerima pasien dan langsung melakukan penangan terkait penyakit yang dialami. Lantas, soal administrasi urusan belakangan.

“Yang jelas kami RSUP NTB selalu memprioritaskan penanganan terhadap pasien dulu baru kemudian urusan administrasi,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button