Pariwisata

Caffe NS Senggigi Terbakar, Polisi Masih Dalami Penyebabnya

Lombok Barat, Talikanews.com – Caffe New Surya yang berada di jalan Rraya Duduk – Senggigi, Dusun Batu Bolong Duduk, Desa Batu Layar Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat terbakar, Senin (11/2 sekitar Pukul 17.10 Wita. Sampai saat ini, aparat penegak hukum belum menemukan apa penyebab kebakaran yang merugikan hingga Rp 10 miliar tersebut.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Purnama menuturkan kronologis, caffe NS milik I Made Subali (52) alamat Nyiur Lembang, Narmada itu terbakar. Adapun saksi, Riyan Juliana (26) alamat karang kelok Mataram dan Bohari (35) seorang Cleaning Servis setempat.

Kejadian, Senin, SPKT Polsek Senggigi telah menerima laporan telah terjadi kebakaran bangunan cafe New Surya. Anggota yang piket langsung ke TKP untuk melakukan upaya pemadaman dan menghubungi Dinas Damkar Lobar untuk melaporkan perihal kebakaran tersebut, agar menurunkan personil dan mobil damkar.

Pukul 18.00 wita petugas dari Dinas Kebakaran tiba di TKP dan langsung melakukan upaya pemadaman api yang telah membakar areal bangunan Hall Cafe New Surya, menggunakan empat unit mobil Damkar.

Bantuan Satuan Shabara Polres Lobar dan Polda NTB diturunkan untuk mengamankan TKP dari warga yang memadati serta melakukan upaya pemadaman api dengan menggunakan tiga unit Water Canon milik Dalmas Polda. Hingga pukul 20.00 wita petugas Damkar dan Kepolisian terus berupaya memadamkan api yang mana api masih menyala di bangunan caffe.

Purnama menjelaskan, disatu sisi, dari katerangan para saksi pada saat kejadian saksi sedang bekerja membersihkan area caffe bagian hall, saat itu melihat ada kepulan asap di bagian Hall lantai bawah tepatnya di tempat Exsos (Penyedot Asap) sofa nomor 6, yang mana api sudah menyala dan mulai membesar di tempat exsos tersebut.

Dilokasi tersebut juga terdapat AC pada titik api, kemudian saksi berlari keluar dari bangunan Hall cafe new surya dan memanggil rekan kerja yang sedang berada di luar yakni piket security dan staf yang masuk siang.

Keterangan saksi ke 2 yakni Bohari mengaku sedang membersihkan areal Holl atas Cafe New Surya bagian toilet kemudian di panggil Riyan memberi tahukan telahadi kebakaran yang mana Bohari sudah mendapatkan kepulan asap di bagian hall cafe dan lari keluar dari bangunan hall cafe untuk menyampaikan kepada teman staf yang aktifitas di luar cafe guna memadamkan api.

Disatu sisi, Manager , Dodi Fathurrahman menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari salah satu karyawannya bahwa terjadi kebakaran di caffe.

“Pihak manager memperkirakan kerugian lebih kurang Rp 10 Milyar, namun akan memastikan lagi setelah dilakukan pendataan,” tutur Kabid Humas pengganti Komang Suartana itu.

Purnama menambahkan, pukul 20.30 wita, petugas Damkar Lobar berhasil memadamkan api selanjutnya masih melakukan upaya pendinginan untuk memastikan bara api yang masih nyala agar benar benar padam total.

“Kami belum pastikan penyebabnya, karena belum dilakukan olah TKP, masih menunggu api benar-benar padam dan situasi di TKP dalam keadaan gelap.

Polsek Senggigi menyarankan kepada pihak manajemen cafe new surya untuk melaporkan perihal kebakaran tersebut ke Polsek Senggigi untuk dibuatkan laporan polisi sehingga sebagai dasar untuk dilakukan tindakan kepolisian dan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut.

“Perlu kiranya untuk melakukan koordinasi dengan pihak Labfor Cabang Bali guna dilakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran di Cafe New Surya,” tutup dia.(TN-04)

Related Articles