Sosial

Gara-gara Proses BPJS Ribet, Baiq Diyah Lapor Menkes

Lombok Barat, Talikanews com – Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi akan temui Menteri Kesehatan RI untuk menyampaikan keluhan pelayan BPJS. Langkah itu di ambil oleh Senator NTB itu karena ada salah seorang bocah bernama Tilar Negara yang mengidap penyakit Tumor Mata terpaksa menunggu kepastian keluarnya surat BPJS sebagai syarat dirujuk ke rumah sakit Sanglah untuk mendapatkan pengobatan.

“Tilar sudah hampir seminggu di Rumah Sakit, proses 14 hari pengurusan surat BPJS sebagai SIP BPJS sangat tidak masuk akal untuk penyakit ganas seperti tumor ini. Harusnya dua tiga hari selesai,” ungkapnya saat menjenguk Tilar di RSUD Tripat Gerung, Sabtu (9/2).

Oleh karenanya, Anggota DPD RI asal NTB ini akan langsung temui Menteri Kesehatan.

“Saat ini juga saya akan kontak Menteri, Senin subuh saya berangkat ke jakarta tanyakan hal ini ke ibu Menkes dan BPJS salam hal ini JKN,” kesalnya.

Dia menegaskan,, BPJS memang kewenangan pusat, hanya saja apakah memang harus nunggu pusat sehingga proses pelayanan penyakit mematikan bisa dilayani. Sehingga, dirinya akan minta ada kebijakan khusus untuk penderita penyakit kanker dan tumor serta penyakit yang harus segera membutuhkan penanganan rumah sakit khusus.

“Saya minta pemerintah daerah bersinergi lah dengan BPJS itu, agar bisa mempercepat keluarnya surat BPJS adik Tilar ini, kalau bisa dipercepat kenapa harus diperlambat, kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit,” tegasnya.

Ia juga berharap agar masyarakat segera mengurus BPJS, karena BPJS ini solusi pemerintah meringankan beban pengobatan rumah sakit.

“Saya berharap agar masyarakat mengurus BPJS. Jangan sampai saat sakit nanti bisa kelabakan apalagi tidak mampu untuk berobat, untuk perangkat Desa hingga RT juga harus mengingatkan warganya supaya mengurus BPJS bila perlu diarahkan, sedia payung sebelum hujan ya,” harapnya.

Untuk diketahui, Tilar Negara sudah seminggu lebih berada di rumah sakit Tripat Gerung mendapatkan pengobatan karena ia diketahui mengidap gizi buruk.

“Sambil menunggu BPJS nya keluar, kita perbaiki badannya karena sebelum di bawa kesini (RSUD red.) kondisinya sangat lemah,” kata Dirut RSUD Tripat Gerung drg Arbain Ishak.

Saat ini kata dia, kondisi Tilar sudah membaik dan siap dirujuk ke rumah sakit Sanglah. Namun senada dengan Baiq Diyah, Arbain juga menyesalkan lambatnya prosedur kepengurusan BPJS tersebut.

“Sayang sekali disaat Tilar sudah siap dirujuk BPJS belum juga keluar,” pungkas pria yang saat ini konsen untuk Tilar.(TN-04)

Related Articles

Back to top button