Politik

Forkopimda Loteng Sepakat Ciptakan Pemilu Damai

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dalam Rangka menyambut pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari Kapolres Lombok Tengah AKBP. Budi Santosa menggelar silaturahmi bersama forkopimda di Hotel D, Max pagi tadi, Kamis (07/02).

Dalam Sambutannya Kapolres Lombok Tengah AKBP. Budi Santosa mengatakan tahun 2019 adalah tahun politik tentunya akan banyak sekali kegiatan politik di Kabupaten Lombok Tengah untuk itu mari kita sama-sama mensinergitaskan semua unsur elemen yang ada demi terciptanya pemilu yang damai.

“Dari semua unsur elemen mari kita sama-sama bersinergi demi terciptanya pemilu yang damai,” ucap AKBP Budi Santosa.

Budi Santosa juga menambahkan dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 dari Polres Loteng memberikan pengamanan semaksimal mungkin untuk mencegah segala kemungkinan yang akan terjadi dan meminta kepada semua parpol dalam pelaksanaan kegiatan baik itu kampanye terbatas, mimbar umum agar menginformasikan ke pihak kepolisian.

“Kami siap mengamankan segala aktivitas semua parpol dalam hal kampanye asalkan kami di informasikan,” terangnya.

Lanjutnya, Kepolisian mencanangkan desa pangkal keamanan, dimana 3 pilar tersebut yaitu Kades, Babinkamtibmas dan Babinsa tentunya membutuhkan dukungan masyarakat dalam setiap pelaksanaan kegiatan ditingkat desa. Walaupun ada perbedaan pilihan hendaknya tidak merubah hubungan antar masyarakat yang sudah terjalin sejak lama.

Sementara Wakil Bupati Lombok Tengah H.L Pathul Bahri S.IP dalam sambutannya, pelaksanaan pilkada di wilayah Kabupaten Loteng selama ini berjalan dengan lancar dan aman dibawah kendali tokoh agama dan, tokoh masyarakat yang di perkuat oleh TNI – POLRI

“Selama ini pesta demokrasi di Loteng berjalan dengan lancar dan aman dibawah kendali tokoh agama, tokoh masyarakat yang di perkuat oleh TNI – POLRI,” bebernya.

Sedangkan Dandim 1620/loteng Letkol CZI Prastiwanto, SE, M.IPol sangat mengapresiasi kegiatan forum silaturahmi kamtibmas yang dilaksanakan oleh Polres Kab. Loteng, dimana dari TNI sudah menerima buku panduan dari Mabes TNI untuk pelaksanaan pemilu tahun 2019, salah satunya adalah perbantuan TNI ke Polri

“TNI sudah siap membantu Polri dalam hal keamanan pemilu 2019 sesuai dengan petunjuk di dalam buku panduan, apabila ada pihak yang menghalangi dan membuat keributan kami selaku aparat bisa melakukan tindakan pengamanan bahkan diperbolehkan untuk menggunakan munisi tajam berdasarkan koordinasi dengan kepolisian,” tegas Dandim 1620/Loteng Letkol CZI Prastiwanto, SE, M.IPol di pertemuan tadi.

Dia juga menabahkan bahwa TNI tetap Netral dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 apabila ada anggota yang terindikasi ikut dalam kegiatan politik tolong dilaporkan agar dengan segera diambil tindakan.

“Kalau ada anggota kami yang tidak netral dalam pemilu nanti mohon laporkan ke saya, saya akan ambil tindakan tegas, sementara untuk pemetaan wilayah yang dianggap rawan, itu sudah kami lakukan dan sinergikan dengan pihak kepolisian,” tutupnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button