Lifestyle

Babinsa Bantu Percepatan Rahabilitasi dan Rekonstruksi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Semua Babinsa diperintahkan untuk membantu fasilitator rehabiltasi dan rekonstruksi rumah gempa yang menimpa masyarakat Lombok Tengah. Perintah itu seusai arahan Kepala BPBD Provinsi turunan BNPB dan printah Danrem 162/WB saat melaksanakan Bimtek fasilitator terpusat di Universitas Muhammadiyah Mataram.

Salah seorang Babinsa Montong Gamang Kecamatan Kopang, Sertu Basri Hariawanto mengaku, sudah mengikuti Bimtek tanggal 4 januari 2019 lalu dibuka pak Gubernur. Selanjutnya melaksanakan sosialisasi di pemerintah kecamatan yang dilanjutkan ke pemerintah desa agar dapat bersinergi dalam menjalankan program penanganan perbaikan rumah rusak sedang dan rusak ringan.

“Kami melakasanakan sosialisasi di pemerintah kecamatan yang dilanjutkan ke pemerintah desa agar kami dapat brsenirgi dalam menjalankan program penanganan perbaikan rumah rusak sedang dan rusak ringan,” ungkapnya.

Hal itu membuat dirinya berkordinasi dengan pemerintah desa dalam hal memverifikasi data dari Dinas Perkim, acuan mengetahui korban gempa yang sudah mendapatkan rekenning guna mengkonsultasikan ke pihak Bank.

“Kami berkordinasi dengan pemerintah desa untuk memverifikasi data apakah korban sudah mendapatkan rekening atau belum,” kata dia.

Dengan demikian, dirinya warga penerima bantuan untuk berkumpul di kantor desa guna memberikan sosialisasi tehadap program dan mekanisme penanganan perbaikan rumah rusak sedang dan rusak ringan.

“Kami undang warga korban gempa untuk membentuk pokmas dan menyelesaikan dan melengkapi administrasi pokmas utk menerbitkan rekening pokmas,” tutupnya.(TN-03)

Related Articles

Back to top button