Sosial

Ratusan Rumah Warga di Desa Beleka Terendam Banjir

Lombok Tengah, Talikanews.com – Curah hujan dengan intensitas tinggi dengan waktu yang cukup lama mengguyur daerah Kabupaten Lombok Tengah membawa dampak bencana bagi 216 KK di Desa Beleka Kecamatan Praya timur, hari Rabu malam (24/01).

Kepala BPBD Lombok Tengah Drs. Muhammad mengatakan banjir di Dusun Lebe Desa Beleka itu akibat dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan luapan air sungai tersebut naik dan mengenai ratusan rumah yang ada di bantaran sungai.

“Banjir di Dusun Lebe Desa Beleka itu akibat dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang cukup lama,” terangnya.

Lanjut Drs. Muhammad tidak hanya itu saja yang menyebabkan meluapnya air sungai Bunangke itu karena adanya penyempitan badan sungai, yang mana badan sungai itu sebagian digunakan sebagai tempat membangun rumah dan open tembakau, serta masih kurangnya kesadaran masyarakat setempat untuk tidak membuang sampah sembarangan termasuk membuang sampah ke sungai.

“Karena adanya penyempitan badan sungai yang dipakai untuk membangun rumah dan open tembakau itu juga salah satu penyebap meluapnya air sungai yang merendam ratusan rumah tersebut,” imbuhnya.

Sementara 216 KK yang terdampak karena luapan air sungai Bunangke di Dusun alebe Desa Beleka tersebut telah di ungsikan untuk sementara dan BPBD sudah meberikam bantuan seperti terpal, selimut, tikar dan Mie instan beserta air mineral.

“BPBD sudah meberikam bantuan seperti terpal, selimut, tikar dan Mie instan beserta air mineral,” tutupnya.(TN-03)

Related Articles