Ekonomi

IWAPI NTB Akan Bantu Recovery Ekonomi KLU

Lombok Utara, Talikanews.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Nusa Tenggara Barat, akan bangun recovery perekenomian masyarakat Kabupaten Lombok Utara yang terkena dampak gempa bumi. Kesediaan itu terlihat saat rombongan Iwapi berkunjung ke Bupati setempat, H Najmul Akhyar Jum’at (7/12).

Ketua DPD Iwapi NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi bersama pengurus Iwapi menyatakan siap membantu Pemkab Lombok Utara melakukan recovery ekonomi di kawasan ini. Recovery ekonomi yang di tawarkan pengurus Iwapi diantaranya pasar murah khusus sembako dan pelatihan kepada pengusaha UMKM.

Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan dari pantauannya terhadap proses recovery ekonomi di KLU sudah mulai berjalan. Pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional dan pertokoan mulai beroperasi. Meski belum seramai seperti saat belum terjadinya gempa namun perekonomian di KLU perlahan mulai bangkit.

“Kami ingin bekerjasama dengan pemerintah daerah KLU, mari kita sama-sama memulihkan kembali perekonomian di wilayah ini, karena perekonomian menjadi salah satu faktor penting untuk mengembalikan kondisi masyarakat seperti sediakala,” ungkapnya, Kamis (7/12) di KLU.

Terkait hal itu, Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar menyambut positif usulan dari pengurus Iwapi NTB tersebut. Ia berjanji akan segera melakukan kordinasi dengan dinas terkait untuk merealisasikan program yang di usulkan oleh Iwapi NTB. Najmul juga sependapat bila perekonomian di KLU harus segera di pulihkan.

“Saya sangat setuju bila recovery ekonomi di KLU di percepat, karena perekonomian menjadi sendi peningkatan taraf hidup masyarakat, bila perekonomian membaik maka kondisi masyarakat juga akan semakin membaik dan ini perlu kebersamaan,” papar bupati di hadapan para pengusaha wanita tersebut.

KLU sebagai daerah terdampak gempa paling parah di NTB lanjutnya sudah memulai proses pemulihan. Tidak hanya infrastruktur dan pariwisata pemulihan ekonomi juga mulai di genjot. Hasil pemantauan langsung di KLU, sejumlah pasar tradisional sudah mulai beroperasi, begitu juga dengan pertokoan di wilayah Tanjung sudah mulai buka dan aktivitas jual beli juga mulai terlihat. (TN-04)

Tags

Related Articles

Back to top button