Pemerintahan

Gubernur NTB Akan Tingkatkan Kapasitas ASN Bidang Waste Management Di Polandia

Torun, Talikanews.com – Beberapa hari ini, Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah melakukan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia untuk menjajaki kerjasama bidang pendidikan dan investasi.

Keberadaan Gubernur yang kerap disapa Dr Zul itu banyak mendapatkan penawaran, mulai dari bidang pendidikan, investasi, peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang Waste Management.

Setelah bertemu petinggi pemerintah setempat, Dr Zul kelilingi Tujuh Universitas yang ada disana seperti Warsaw University of Technology, University of Warsaw, Warsaw School of Economic , Collegium Civitas, University of Wroclaw, Warsaw University of Life Science dan Vistula University yang didampingi delegasi Rektor, yaitu Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama NTB, Rektor STIKES Mataram, Rektor Universitas Mahasaraswati Mataram dan Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi.

“Dalam kunjungan tersebut, diskusi dilakukan untuk penjajakan potensi kerjasama yang akan dibangun antar universitas NTB dengan universitas polandia. Mengingat kampus-kampus NTB memiliki program studi dan keunggulan yang beragam dan berbeda satu sama lain,” ungkap Dr Zul.

Dia menjelaskan, secara umum kedua pihak menyepakati untuk untuk menindaklanjuti kerjasama yang lebih jauh seperti kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa dan staf perguruan tinggi, hingga guest lecture atau visiting professor.

“Kita juga melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dilakukan oleh 5 univeritas NTB dengan Collegium Civitas,” kata dia.

Perlu diketahui, pemerintah provinsi NTB telah mengirimkan 18 orang mahasiswa NTB untuk studi di Polandia. Lima orang di antaranya menempuh pendidikan di Collegium Civitas, dan selebihnya di Vistula University.

Selain itu, pemerintah provinsi NTB juga mendapatkan tawaran pengiriman mahasiswa ke Warsaw Univesity of Life science Untuk 2 (dua) program studi yaitu Civil Engineering dan Environtmental Protection, keduanya untuk master program.

Untuk peningkatakan kapasitas ASN NTB di bidang Waste Management lanjutnya, beberapa orang ASN akan dikirim ke Polandia untuk mengikuti short course tentang waste management. Program ini dihajatkan untuk merealisasi harapan pemprov ntb sebagai “zero waste province”.

“Para delegasi ASN sebelumnya akan diberikan pelatihan bahasa inggris agar mereka memiliki kesiapan ketika mengikuti program di negara tujuan,” tutupnya.(TN-04)

Tags

Related Articles

Back to top button