Daerah

Warga Lobar Protes Perbup Skor Pencalonan Kades

Lombok Barat, Talikanews.com – Talikanews.com – Masyarakat Desa Kebun Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, mendatangi kantor DPRD Lobar, untuk mempertanyakan masalah Peraturan Bupati tentang syarat pencalonan Kepala Desa menggunakan skor.

Kedatangan massa itu diterima Wakil Ketua Komisi I Haji Lalu Muhammad Ismail, dan Kepala Seksi Pemeritaha Desa (Kasi Pemdes) Dinas Pemerintahan Masyarakat Fesa (DPMD) Lobar Suhamdi di ruang Rapat Fraksi DPRD Lobar, Jumat (23/11).

Perwakilan Masyarakat Kebun Ayu, Samsudin mempertanyakan masalah scorsing nilai calon Kepala Desa yang akan maju dalam pemilihan.

Dia menilai aturan yang diterapkan Pemerintah Daerah Lobar tidak layak. Dimana, dalam aturan tersebut Badan Permusawaratan Desa (BPD) yang mencalonkan diri dapat tiga poin.

“Kalau kita mau bijak, kenapa Pemda tidak menetapkan aturan sesuai jenjang pendidikan, SMP nilai poin 1 kemudian SMA nilainya 2, nah seharusnya D2 itu dikasi nilai poin 3, D3 dikasih 4, karena mereka juga berijazah, baru S1 nilainya 5, tapi ini D2 samapi S1 nilai rata-rata 3, ini yang tidak adil menurut kami,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Lobar Haji Lalu Muhammad Ismail minta kepada DPMD pertimbangkan keluhan sekaligus akomodir suara dari masyarakat ini , supaya jangan ada permasalahan dibawah nantinya.

“Masak Kepala Dusun yang banyak terjun langsung ke masyarakat dapat sekor nilai 1, sedangkan BPD yang lalu lalang dapat nilai tinggi,” katanya.

Terkait hal itu, Kasi Pemdes DPMD Suhamdi mengatakan pihak pemerintah harus melaksanakan sesuai aturan.

“Kita sebenarnya ingin mengakomodir keinginan masyarakat, tetapi itu melanggar aturan, sehingga kita kembalikan ke aturan semula, seperti Permendagri nomor 112 dan 65 harus dilakukan skor. Nah ketika yang diajukan 5 calon kemudian nilai scornya sama itu baru kita akan lakukan tes tulis di Kabupaten,” tutupnya. (TN-07)

Tags

Related Articles

Back to top button