Hukum & Kriminal

Kejari Praya Beberkan Alasan Tak Menahan Tersangka Kasus Korupsi DD Pengembur

Lombok Tengah, Talikanews.com – Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Kejaksaan Negeri Praya dalam kapasitasnya sebagai tersangka dugaan penyelewengan APBDes 2017 Desa Pengembur, Supardi Yusuf mantan Kades Pengembur ini tidak ditahan pihak Kejaksaan Negeri Praya karena dianggap masih ada bukti lain yang harus disiapkan.

Hasil pemeriksaan, penyidik masih meminta keterangan Supardi Yusuf terkait harta kekayaannya dan tersangka harus memaparkan dari mana perolehan harta.

“Dia juga belum membawa bukti-bukti dokumen kekayaannya maka tersangka meminta waktu agar tidak ditahan supaya bisa menghadirkan bukti,” kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Praya Hasan Basri, Rabu (21/11).

Basri mengaku, pertanyaan ini sebenarnya khusus ditujukan kepada tersangka karena, UU mengharuskan juga berkaitan dengan pemulihan keuangan nantinya. Supardi Yusuf, meminta waktu untuk menghadirkan bukti-bukti harta kekayaanya untuk diketahui tahun perolehan.

Selain itu Hasan Basri menjelaskan, bahwa dalam pemeriksaan sekarang tidak bisa dipaksakan sepenuhnya selesai hari ini karena tersangka masih belum membawa dokumen yang diminta.

“Hari ini tersangka Supardi Yusuf masih boleh pulang dan Kedepan hanya pemeriksaan berkas, sementara terkait dengan pemeriksaan saksi lainnya sudah selesai semuanya dan ini pemeriksaan terakhir hanya pada tersangka saja,”ungkap dia.

Kemudian Basri menekankan bahwa akan memanggil kembali Supardi Yusuf pada hari Rabu pekan depan tanggal 28 November 2018 untuk membawa berkas bukti kekayaan yang dimilikinya.

“Untuk penahanan Saudara Supardi Yusuf tentu kita tunggu hasil pemeriksaan minggu depan apakah kita akan tahan atau tidak,” (TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button