Pariwisata

Jalur Pendakian Umar Maye dan Dewi Anjani Menuju Gunung Rinjani Resmi Dibuka

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Daerah Tatas Tuhu Trasna resmi membuka jalur pendakian menuju Gunung Rinjani melalui, Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara. Dimana, pendaki bisa menikmati 7 air terjun, didalamnya ada terdapat dua air terjun sudah melegendaris yakni air terjun Umar Maye dan air terjun Dewi Anjani.

Telah diresmikan jalur tersebut membuat Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT mengucapkan rasa berterima kasih kepada pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi yang telah mendukung Lombok Tengah sebagai salah satu pintu masuk ke Gunung Rinjani.

“Ini adalah impian kami selama ini dan akhirnya terwujud,” ungkapnya dijalur pendakian Senin (20/11).

Dia menjelaskan, selama ini pemerintah daerah bermimpi agar ada jalur pendakian resmi. Namun saat ini, apa yang menjadi impian sudah tercapai bertujuan memajukan wisata di wilayah selatan dengan wilayah utara.

Yang jelas lanjutnya, apa yang menjadi keinginan ini berjalan lurus sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi khususnya masyarakat Lombok Tengah. Menurutnya, tidak perlu meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD), namun berobsesi dan lebih cenderung untuk meningkatkan pariwisata karna itu lebih penting dan nilai ekonominya merata.

“Mudahan dengan dibukanya jalur pendakian melalui Desa Aik Berik ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan kita berharap jalur ini menjadi jalur pendakian yang terbaik se-indonesia” harapnya.

Kasubdit Sumber Daya Air dan Lilingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Widada MM menyampaikan, apa yang dilakukan ini merupakn bukti keberpihakan pemerintah pusat membukan jalur pedaikian. Semoga jalur pendakian ini dapat meningkatkan perekonomian masyarat dan membuka lapangan pekerjaan baru.

“Saya harapkan kedepan jalur ini menjadi salah satu jalur pendakian yang terbaik dan yang paling aman dengan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan para pendaki,” bebernya.

Sementara Sudiono,Msc. selaku pengelola Taman Nasiaonal Gunung Rinjani (TNGR) pun memaparkan peresmian jalur pendakian melalui Desa Aik Berik ini merupakn solusi untuk memberikan akses kembali untuk para pencinta alam dan wisatawan yang selama ini ditutup pasca gempa.

Jalur Aik Berik ini sangat layak sebagai salah satu akses ke gunung rinjani karna jalur ini masih alami (virgin) dan terdapat dua air terjun yang sangat bagus seperti air terjun umar maye dan air terjun dewi anjani.

“Jalur Air Berik ini betul betul mempesona karna terdapat hutan tropis, plora dan paunanya yang menarik perhatian selain itu jalur ini sudah di dukung oleh beberapa gait dan porter,” tutupnya.

Hadir juga dalam peresmian yakni Wabup Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri bersama Kapolres, AKBP Budi Santosa beserta Dandim 1620 Prastiwanto langsung ikut mencoba rute baru tersebut. (TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button