Ekonomi

Cegah Bawang Dan Cabe Keluar Daerah, Disdag NTB Siapkan Gudang Tunda Jual

Mataram, Talikanews.com – Dinas Perdagangan Provinsi NTB, sudah menyiapkan langkah khusus supaya harga jual Bawang Merah dan Cabe hasil pertanian masyarakat tetap bisa dinikmati dengan membangun gudang penyimpanan tunda jual.

“Kita sedang usahakan pembangunan gudang tunda jual. Akan tetapi, sebelum terealisasi, akan menggunakan gudang milik swasta,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Puttu Selly Handayani, Senin (12/11).

Dia menjelaskan, keberadaan gudang tersebut langkah antisipasi kebutuhan masyarakat NTB terhadap Bawang dan Cabe dalam jangka waktu panjang.

“Nanti, hasil panen petani akan dibeli secara cash oleh finance dalam hal ini perbankan seperti BNI atau bank yang sudah kita ajak kerjasama,” kata dia.

Dimana lanjutnya, keberadaan Bawang sampai Desember produksi menipis, sehingga yang dipikirkan untuk tahun 2019 yakni persiapan gudang penyimpanan. Sedangkan untuk jangka pendek, sudah ada kesiapan dari perusahaan Indofood yang masuk pembedayaan tingkat petani antara bawamg dan cabe.

“Kalau panen surflus sudah siap dihubungi pihak Indofood,” ujarnya.
Yang jelas, tidak ada lagi Bawang dan Cabe petani NTB ke luar daerah seperti Berebes Jawa Timur.

“Pola perusahaan Berebes itu, barang yang di beli di NTB diolah disana, setelah itu baru kembali ke lombok. Akan tetapi, kedepan, tidak boleh ada lagi Bawang dan Cabe ke luar daerah,” tutupnya. (TN-04)

Tags

Related Articles

Back to top button