Pariwisata

PWLT Tunjukkan Lombok Aman Dengan Cara Bersihkan Pantai

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sebagai bukti rasa peduli terhadap pariwisata juga tunjukkan bahwa Lombok – Sumbawa Aman dikunjungi pasca Gempa bumi. Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) lakukan bersih-bersih pantai yang ada di kawasan Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Minggu (11/11).

Kegiatan bersih pantai itu melibatkan puluhan Duta Lingkungan, Paguyuban Terune-Dedare, Dinas Lingkungan Hidup, Aparat Kepolisian, Pemerintah Desa setempat, Pokdarwis, PMI, PHRI, para pelaku parwisata serta masyarakat.

Ketua Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) Munakir menjelaskan, kegiatan ini merupakan program rutin sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali dunia pariwisata Lombok Tengah yang telah mengalami musibah gempa beberapa bulan yang lalu.

“Semua pihak harus sama sama bersinergi memberikan kontribusi terhadap sektor pariwisata, minimal dengan kita menjaga kebersihan lingkungan terutama di sekitar kawasan pariwisata,” tutut wartawan Suara NTB Biro Lombok Tengah ini.

Kegiatan clean up beach ini, sebagai bukti kepada dunia bahwa Lombok Tengah tetap aman dan nyaman dikunjungi. Sebab, daerah lombok tengah ini bukan daerah terdampak parah akibat gempa bumi. Terlebih di kawasan selatan, tidak menimbulkan dampak kerusakan.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Loteng, Lalu Rahadian mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada PWLT yang telah peduli sekaligus berperan serta dalam memajukan dan menjaga kebersihan Destinasi pariwisata.

“Sebenarnya ini bukan pekerjaanya mereka, tetapi teman-teman dari PWLT ini telah membuktikan kepedulianya untuk pariwisata ini,” ungkapnya.

Oleh karenanya, apa yang dilakukan PWLT ini bisa memberikan contoh kepada semua elemen masyarakat supaya lebih peduli terhadap lingkungan.

“Kedepan, semoga semua elemen masyarakat menganggap sampah adalah masalah kita bersama dengan selogan TASTURA BERBENAH yang artinya bersih bebas sampah dan limbah,” kata dia.

Disatu sisi, Kapolsek Praya Barat, Kompol Suparta menganggap ini adalah contoh yang baik untuk ditiru karena peduli terhadap lingkungan setempat, terlebih ditempat witara sepeti pantai Selong Belanak yang dikenal dunia.

“Rekan-rekan wartawan telah menyadarkan kita semua tentang peduli lingkungan karna ini adalah aset kita bersama,” tuturnya.

Dia mengaku, kegiatan serupa bukan kali ini dilakulan. Malah, memprogramkan setiap bulan bersama babinkantibmas dan juga para pedagang sekitar pantai. (TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button