Daerah

Ratusan Rumah Dua Desa di Dompu Terendam Banjir

Dompu, Talikanews.com – Usai hujan lebat melanda sebagian wilayah Kabupaten Dompu, sekitar pukul 15.23 Wita, terjadi bencana banjir bandang di dua Desa yakni Desa Tolokalo dan Desa Songgajah, Kecamatan Kempo, Jumat (09/11).

Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Imran M Hasan yang dikonfirmasi, mengatakan luapan banjir bandang ini secara tiba-tiba menyerang warga yang saat itu sedang berada di dalam rumahnya masing-masing.

”Semua orang kaget melihat luapan air yang begitu deras usai hujan berhenti. Untung saja tidak ada korban jiwa,” katanya.

Dikatakannya, banjir yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi di Kecamatan Kempo sejak pukul 15.00 Wita itu, tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka. Namun, ratusan rumah terendam di dua desa tersebut tersendam. Seperti di Dusun Kesi dan Dusun Kresna Sari Desa Tolokalo, terus di Dusun 3 dan 4 Desa Songgajah.

”Ketinggian air bervariasi antara 0,5 meter sampai dengan 1,5 meter,” bebernya.

“Kami perkirakan sementara di Desa Tolokalo sekitar 300 rumah dan 100 rumah di Desa Songajah,” sambungnya.

Tidak hanya itu, lanjut M Hasan, hampir semua fasilitas Umum (Fasum) di dua desa tersebut terendam.

“Kantor Desa Songgaja, Sekolah dan Mesjid kedua desa semuanya terendam, dan aktivitas warga lumpuh,” pungkasnya.

Peristiwa banjir ini pun, dikatakannya, menimbulkan antrian panjang kendaraan baik yang dari Pekat maupun dari arah Kempo.

Pasalnya, jalan raya lintas Pekat dan Kempo masih terendam air, lumpur, bebatuan, hingga balok-balok kayu dan tanah sisa erupsi.

”Pastinya hingga saat ini belum bisa kita pastikan berapa nilai kerugiannya, karena aksesnya masih ke tutup dan tim masih berusaha masuk ke lokasi,” jelas M Hasan.

Saat ini, Tim TRC BPBD sedang melaksanakan kaji cepat untuk menyusun langkah-langkah penanganan. Sementara untuk droping bantuan, berupa makanan siap saji ke lokasi akan dilakukan malam ini juga. (TN-05)

Tags

Related Articles

Back to top button