Daerah

Diguyur Hujan, Bupati KSB Cek Pembangunan Rumah Terdampak Gempa

Sumbawa Barat, Talikanews.com – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM. bersama beberapa unsur dinas terkait, Jumat (9/11), melakukan pengecekan pembangunan rumah warga terdampak bencana gempabumi Sumbawa.

Dari pantauan wartawan media ini kedatangan Bupati KSB yang disambut hujan deras tidak menyurutkan langkah orang nomor satu di tanah Pariri Lema Bariri itu, untuk melihat secara langsung kinerja Program Daerah Pemberdayaan Gotong-Royong (PDPGR) Kecamatan Maluk.

Setibanya di lokasi, H. Musyafirin yang juga didampingi Ketua PDPGR Kecamatan Maluk Nawawi, memberi apresiasi dan salut atas hasil kerja program tersebut.

Dikatakannya, rumah warga terdampak gempa yang diajukan dalam Surat Keputusan Bupati tahap II tersebut, dapat diselesaikan walaupun dana dari Pemerintah Pusat belum cair.

“Walaupun dananya belum cair, berkat kerja PDPGR dengan bergotong-royong rumah terdampak gempa di tahap dua ini bisa dikerjakan. Ini luar biasa,” cetusnya.

Sementara itu, Ketua PDPGR Kecamatan Maluk Nawawi mengungkapkan, pembangunan rumah warga itu tidak terlepas dari antusiasme kelompok masyarakat (pokmas), yang berkeinginan kuat dan berani sebagai jaminan.

“Ini memang masuk dalam SK Bupati tahap II. Walaupun dananya belum cair, tapi pokmas nya siap dan berani nalangin pendanaan terlebih dahulu. Ini yang kami salut dan bangga,” ungkap Nawawi.

Dikatakan, untuk bahan material bangunan jenis pabrikan pihaknya diberikan kebijakan oleh salah satu toko bangunan, dapat dibayar belakangan (hutang).

“Yang pabrik kita ngutang di Toko SKS, yang non-pabrik kayak pasir, bata, dan batu kita pliut dengan masing-masing kades setempat, patungan, kita bayar,” ucapnya.

Dijelaskannya, dalam waktu satu bulan ke depan pengerjaan rumah warga terdampak gempa itu akan dapat diselesaikan.

“Paling lama satu bulanan lah bisa selesai semuanya. Di Maluk sudah lma unit rumah yang sudah dikerjakan,” tutupnya. (TN-06)

Tags

Related Articles

Back to top button