Nasional

TNI Marathon Internasional 2018 Lombok Sukses, Ini Pesan Panglima

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kegiatan TNI Marathon bertaraf internasional yang berlangsung Minggu (4/11) di Kuta Lombok Tengah akhirnya selesai dengan sempurna.

Event yang diminati 6000 peserta, diantaranya 240 peserta berasal dari mancanegara dari 24 Negara, berhadiah totap Rp 10 Miliar itu dilepas panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto, didampingi Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Loteng.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI Internasional Marathon 2018 ini sebagai wujud kebersamaa bangsa pasca bencana gempa bumi yang melanda Lombok – Sumbawa beberapa bulan lalu.

“Ini lah Lombok khususnya Mandalika yang aman dari bencana gempa. Saya ucapkan selamat datang di Mandalika Kuta Lombok kepada seluruh pelari TNI International Marathon,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Marathon ini merupakan rangkaian HUT TNI ke – 73. Selain itu, memperkenalkan Pariwisata Lombok yang sempat mengalami musibah yang merusak infrastruktur jalan, fasilitas umum dan rumah masyarakat. Sehingga, dengan kegiatan ini secara perlahan masyarakat Lombok mulai bangkit dan menatap masa depan dengan positif.

“Ini juga bentuk recovery pariwisata Lombok pasca gempa bumi,” kata dia.

Hadi Tjahjanto berharap pelari nasional maupun internasional tidak hanya mengikuti perlombaan, tetapi melakukan interaksi dengan warga Lombok. Pelari juga diharapkan bisa menikmati keindahan landscape Pantai Mandalila Kuta Lombok.

“Semoga pelari terkesan dengan keindahan alam dan pantai Mandalika. Kami juga berharap peserta berkesempatan berinteraksi dengan masyarakat,” jelasnya sembari mengucapkan bismillah, lomba TNI Internasional Maraton Mandalika Lombok saya nyatakan dibuka.

Untuk diketahui, peserta katagori 42K nomor punggung 8003 asal Kenya atas nama Joshua dinyatakan sebagai pelari tercepat dan membawa pulang hadiah sebesar Rp 165 juta dengan catatan waktu 2 jam sekian menit.

Untuk pelari Wanita International diraih Esther Ambui Karimi. Kegiatan itu dimeriahkan oleh atraksi terjun payung sebanyak 73 orang.

Sedangkan pelari tercepat kategori 21K Nasional diraih Agus Prayoga, peroleh hadiah Rp 125 juta catatan waktu 1 jam 15 menit, pelari wanita nasional dimenangkan oleh Odektavina Naibaho.

Kemudian Juara pelari katagori pria TNI/Polri 21K, Kasim dinyatakan juara pertama, disusul Wachyu Dwi Haryantob dan posisi ketiga Rafael Moliquit.

Juara katagori Wanita TNI/Polri 21K, diraih Chemutai Immaculaig, disusul Endah Eka posisi kedua dan Pega Anggraini posisi ketiga. (TN-04)

Tags

Related Articles

Back to top button