Bangun NTB, Universitas Hamzanwadi Akan Gali Gagasan Akademisi Enam Negara

Mataram, Talikanews.com – Universitas Hamzanwadi akan gelar seminar Internasional bertema elevating human resources through education, language, and culture. Seminar tersebut akan dihadiri enam negara untuk menggali gagasan akademik demi membangun Nisa Tenggara Barat (NTB).

“Tema besarnya, the 4th Hamzanwadi International Conference on Education (HICE) 2018 yang akan berlangsung di Mataram 3-4 November. Adapun tujuan, menggali gagasan-gagasan akademik dari para dosen, mahasiswa, guru, serta pemerhati pendidikan bahasa dan budaya Indonesia,” ungkap Wakil Rektor I Universitas Hamzanwadi Dr Khirjan Nahdi, Kamis (1/11).

Dijelaskan, gagasan akademik tersebut dapat disumbangkan untuk pengembangan keilmuan pendidikan bahasa Indonesia, serta membangun insan-insan Indonesia yang cerdas, santun, dan memiliki kepedulian terhadap aspek budaya dalam berbahasa Indonesia.

Dengan arah pengembangan kompetensi pendidik, peserta didik, konteks kebijakan, dan sumber-sumber potensial untuk mendukung pembelajaran khususnya di NTB.

“Kehidupan manusia dikelilingi oleh budaya. Hal ini disebabkan karena manusia selalu berupaya mempertahankan eksistensinya dalam kehidupan,” kata dia.

Dia menjelaskan, seminar internasional ini, sekaligus untuk memacu sektor pendidikan sebagai salah satu indikator IPM. Salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, khususnya oleh para praktisi pendidikan di NTB.

Hal ini mendorong lembaga pendidikan yakni Universitas Hamzanwadi harus dapat melakukan berbagai kegiatan yang praktis guna memberikan kesadaran kepada para praktisi pendidikan, pengguna Bahasa, dan Budayawan tentang pentingnya sikap, pengetahuan, dan keterampilan di bidang pendidikan, bahasa, dan budaya.

“Tema seminar elevating human resources through education, language, and culture,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HICE 2018 Dr Mohzana menambahkan, peserta seminar terdiri atas pakar pendidikan, bahasa, budaya, dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi pendidikan lainnya. Peserta ini berasal dari berbagai negara, antara lain Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Australia, Jepang, dan Indonesia.

Makalah dan publikasi yang telah dikumpulkan oleh panitia akan diseleksi berdasarkan tema, topik, fokus area, serta standar penulisan jurnal target publikasi yang meliputi, proQuest, emerald, sage publication, rutledge taylor dan Francis Group, springer journals, dan English Language Teaching.

“Seminar internasional ini bertujuan untuk, memberikan wawasan kepada peserta tentang pentingnya pendidikan, berbahasa, dan berbudaya dan penyelenggaraan pendidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, mempererat hubungan antara Universitas Hamzanwadi dengan Universitas luar negeri dan dalam negeri dalam bidang publikasi ilmiah, membantu pemerintah Provinsi NTB dalam memperkenalkan seni, bahasa, dan budaya daerah sehingga berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan asing.

“Serta membantu pemerintah Provinsi NTB dalam meningkatkan IPM khususnya sektor pendidikan, bahasa, dan budaya daerah,” tutupnya.(TN-04)

Related Articles

Back to top button