Daerah

Hasil Pilkades Bergejolak, Kantor DPMD Loteng Di Kepung Massa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemilihan kepala desa serentak yang berlangsung tanggal 24 Oktober beberapa hari yang lalu, masih menyisakan masalah. Hal itu terlihat saat massa yang tidak terima hasil pemungutan suara, kepung Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng.

Korlap aksi, Mustain meminta berita acara panitia Pilkades Labulia Kecamatan Jonggat nomor 6 tahun 2018 tentang penetapan perolehan surat suara dibatalkan. Bahkan minta dilakukan penghitungan ulang kertas suara sah dan tidak sah secara terbuka.

“Saya datang kesini untuk memperjuangkan Nasib hak politik masyarakat jumlahnya 1.940 orang di nyatakan batal secara sepihak oleh panitia menjadi suara sah dan ini disebabkan panitia kurang sosialisasi,” ungkapnya, Senin (29/10).

Tidak hanya itu, masyarakat meminta penetapan calon terpilih priode 2018- 2024 dibatalkan karena dianggap cacat secara hukum.

Terkait hal itu, Kabag Hukum Sekda Loteng H. Mutawalli meminta para tokoh masyarakat menjaga situasi tetap kondusifitas, “Pilkades yang dilaksanakan serentak di Loteng sudah dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” cetusnya.

Dia menambahkan, apa yang menjadi tuntutan masyarakat Labulia sudah dicatat termasuk surat syah dan tidak syah akibat kesalahan pelipatan. Ini hampir terjadi disemua desa, namun kami belum memutuskan karena hal ini akan diserahkan kepada Tim Sengketa Kabupaten.(TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button