Daerah

KPPN Temukan Rp 6,8 Miliar Dana Desa Ngendap Di Kasda Bima

Bima, Talikanews.com – Dana Desa tahap II di Kabupaten Bima, masih ada yang mengendap di Rekening umum daerah atau Kas umum Pemerintah Daerah. Dimana, DD tahap II yang mencapai Rp62,7 miliar tersebut telah ditransfer pemerintah pusat ke rekening daerah. Hanya saja, Rp55,8 miliar yang ditransfer ke kas desa dengan sebaran 170 desa.

“Tapi masih tersisa Rp6,8 miliar atau 21 desa yang belum ditranfser,” kata Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KKPPN) Bima, Saprudin.

Saprudin mengaku data tersebut berdasarkan pada aplikasi Online Monitoring SPAN (OMSPAN). Aplikasi khusus yang digunakan untuk monitoring span dan menyajikan reporting sesuai kebutuhan, hingga saat ini DD tahap III belum ditranfser ke kas desa.

“Masih belum ditransfer ke Rekening Desa hingga sekarang,” ungkap dia.

Ia juga tidak mengetahui persis alasan mengapa DD ersebut belum juga ditransfer atau disalurkan oleh Pemerintah Daerah ke Pemerintah Desa meski telah disalurkan oleh Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu.

“Soal ini bisa ditanyakan sama Pemerintah Daerah. Tapi jika mengendap dan tidak bisa digunakan DD tahun 2019 mendatang bakal tidak bisa disalurkan,” katanya.

Saprudin menambahkan pihaknya hanya bertugas menyalurkan DD apabila syaratnya terpenuhi. KPPN setempat juga tidak bisa menarik kembali dana yang ditransfer masuk ke Rekening Daerah.

“Tugas kita hanya menyalurkan dan memastikan DD sudah masuk ke Rekening Daerah,” katanya. (TN-05)

Tags

Related Articles

Back to top button