Daerah

Tak Terima Hasil Pilkades, Warga Sabe Protes Ke DPMD Loteng

Foto : Mediasi Warga Desa Sabe Di Kantor DPMD Loteng Yang Bersitegang Kecewa Hasil Pilkades

Lombok Tengah, Talikanews.com – Ratusan masyarakat Desa Sabe Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah beramai-ramai protes ke panitia Pilkades tingkat Kabupaten dalam hal ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Protes itu lantaran, diduga panitia tingkat Desa bermain mata dengan calon kepala desa tertentu.

“DPMD selaku panitia Kabupaten dianggap tidak becus mengawal pilkades sampai tingkat panitia Desa pasalnya panitia banyak bermain dengan calon kades. Buktinya, kuat dugaan panitia Desa tidak netral, dan tidak mengesahkan sebanyak 767 surat suara calon lain di tiga belas TPS,” ungkap salah satu perwakilan warga, Samsul Rijal, di Kantor DPMD Loteng, Jumat (26/10).

Dia membeberkan, ada oknum panitia bermain alias pro terhadap salah satu calon Kades, ada 767 surat suara calon lain yang tidak disahkan. Padahal di TPS lain itu disahkan.

Bahkan dirinya menuding DPMD tidak bercermin pada pilkada – pilkada sebelumnya. Dimana, panitia tingkat desa tidak memahami surat suara yang sah dan tidak sah yang merugikan calon lain.

“DPMD tidak belajar, masak panitia tidak paham surat suara sah dan tidaknya. Ini sangat merugikan calon lain,” cetusnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Loteng, Jalaludin mengatakan, proses pilkades sudah selesai dan masyarakat pendukung calon untuk terima dengan lapang dada hasil pilkades, “Proses pilkades ini sudah selesai dan saya himbau masyarakat dan pendukung calon untuk terima dengan lapang dada,” harapnya.

“Jika ada persoalan menyangkut sengketa pilkades diharapkan semua pihak untuk mendorong ke proses hukum yang berlaku tanpa mengedepankan emosi,” tutupnya. (TN-02)

Tags

Related Articles

Back to top button