Background TNI Jadi Primadona Pada Pilkades Serentak Loteng

Foto: Penghitungan hasil perolehan suara di salah satu desa Kabupaten Lombok Tengah

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pilkades serentak yang sudah berlangsung sukses di wilayah Kabupaten Lombok Tengah tanggal 24 Oktober 2018 dan di sudah plenokan pemenangnya.

Dari 96 desa yang melaksanakan pesta demokrasi tersebut, diantaranya ada calon Kades yang berlatar belakang dari TNI-AD. Sebanyak 5 orang dari unsur institusi Loreng yang sudah purna tugas itu ikut berkontestasi dan ke 5 orang dinyatakan menang sebagai Kepala Desa Batunyala H. Zaenudin, Desa Pelambik Sdr. Jumasan, Desa Aik Darek Abdul Rasyd, Desa Bungkate Sulaiman dan Desa Kawo sdr. Tandar yang masih dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Desa Kawo 2 periode.

Pantauan media, hasil perolehan suara sesuai nomor urut. Dari ke 5 Kades terpilih tersebut antara lain, untuk di Desa Batunyala, 1. Lalu Nurmadian, mendapatkan suara 1297, kemudian nomor 2. H. Zaenudin , perolehan suara 1720, dan nomor urut 3. Ir. H. Hariyanto mendapat suara sebanyak 893.

Desa Aik Darek, nomor 1. Sohri, perolehan suara sebanyak 1119, nomor urut 2. Muhammad Syarifudin, mendapat suara 1210, nomor urut 3. Asnawi Badri, perolehan suara 711 dan 4. Abdurrasyid suaranya sebanyak 1583.

Untuk Desa Kawo, nomor urut 1. H. Japarrosidik perolehan suara sebanyak 1679, nomor urut 2. Tandar, mendapat suara 3363 dan nomor urut 3. Alwan Wijaya perolehan suara 883.

Desa Bungkate, nomor urut 1. Sahabudin perolehan suara sebanyak 507, nomor urut 2. Wahyudi mendapat 633 suara dan nomor urut 3. Sulaiman perolehan suaranya 684.

Terakhir di Desa Pelambik, nomor 1. H. Deny Sofyan perolehan suara 877, nomor urut 2. Ahmad Jakel dengan suara 505, selanjutnya nomor 3. Jumasan perolehan suara 1225, dan nomor 4. Juanis Supriadi suaranya 795 dan nomor urut 5. Martono perolehan suara 364.

Salah seorang Kades terpilih Desa Batu Nyala Kecamatan Praya Tengah, Pelda Purnawirawan H. Zaenudin mengatakan rasa syukur yang mendalam telah diberikan kepercayaan oleh masyarakat sehingga terpilih menjadi Kepala Desa Batu Nyala.

Disamping itu, dirinya mengapresiasi semua element masyarakat Desa Batu Nyala yang telah mensukseskan pesta demokrasi ini sampai berjalan dengan aman dan damai.

“Mengajak semua pihak untuk sama-sama membangun desa dan melupakan persoalan yang pernah terjadi selama proses pilkades berlangsung,” ungkapnya Kamis (25/10).

Terpisah Kepala Dinas PMD Loteng, Jalaludin mengatakan, proses pilkades sudah selesai dan masyarakat pendukung calon untuk terima dengan lapang dada hasil pilkades, “proses pilkades ini sudah selesai dan saya himbau masyarakat pendukung calon untuk terima dengan lapang dada hasilnya” harapnya.

“Jika ada persoalan menyangkut sengketa pilkades diharapkan semua pihak untuk mendorong ke proses hukum yang berlaku tanpa mengedepankan emosi,” tutupnya.(TN-02)

Related Articles

Back to top button