Daerah

Tidak Terdaftar Dalam DPT Pilkades, Masyarakat Ungga Surati DPMD Loteng

Foto: Muhammad Sapriadi saat serahkan surat pengaduan ke DPMD Loteng

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sebanyak 150 orang Masyarakat Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah yang tersebar di enam dusun dan 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) protes. Hal itu disebabkan tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkades yanv akan berlangsung Rabu (24/10).

Protes itu dilayangkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Tengah dengan surat pengaduan diwakili salah seorang Muhammad Sapriadi, pada Selasa (23/10).

Muhammad Sapriadi melayangkan surat pengaduan setelah timses salah satu calon kepala desa menemukan banyaknya warga yang luput dari DPT.

“Setelah cek DPTnya ternyata banyak yang tidak masuk, bahkan keluarga calonpun tidak ada,” ungkap Sapriadi

Sebagai kuasa hukum salah satu calon Kades Ungga, advokasi muda ini juga menyampaikan kekesalannya terhadap panitia yang akui tidak berwenang atas data DPT, “Saat kami tanyakan kebijakan, panitia mengatakan tidak berwenang dan mengarahkan kami ke DPMD,” kata dia.

Lebih jauh lagi, Sapriadi menyayangkan persoalan kecil ini luput dari perhatian Panitia Pilkades tingkat kabupaten karena akan menimbulkan keributan di TPS nantinya, “Panitia kabupaten ini bagaimana?, bisa – bisa ini jadi konflik di TPS nantinya,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lombok Tengah, Jalaludin enggan menanggapi panjang. Malah dirinya mengeluarkan Surat Edaran DPMD Nomor: 141/1661/DPMD/2018 tentang pemilih dalam pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak.

Menimbang dan memperhatikan, maka memberitahukan bahwa
1. Wajib memasukkan wajib pilih yang belum terdaftar
2. Wajib pilih yang akan dimasukkan harus memenuhi ketentuan pasal 13 ayat 2 perda no 1 tahun 2016 dan Perbup nomor 8 tahun 2018 temang pedomqn pemutahiran.
3. Batas jumlah penambahan DPT sebagaimana dimaksud pada poin 1 disesuaikan dengan ketersediaan surat suara
4. Penetapan DPT sebagaimana poin 1 dilaksanakan sesuai mekanisme penetapan dihadiri oleh calon.

“Dengan SE ini, kami yakin semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat, bisa gunakan hak pilih, ” pungkasnya. (TN-02)

Tags

Related Articles

Back to top button