Pariwisata

Pulihkan Lombok Pasca Gempa, 45 Dubes Akan Kunjungi KEK Mandalika

Foto :Jajaran Direksi PT ITDC saat membahas kedatangan dubes di KEK Mandalika

Mataram, Talikanews.com – Pasca bencana gempa bumi yang melanda Lombok-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi pusat perhatian dari berbagai pihak. Terbukti, sebanyak 45 Duta Besar (Dubes) akan berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, untuk membuktikan bahwa Lombok sudah aman.

“Para Dubes itu akan datang tanggal 9 sampai 11 November mendatang. Mereka akan menikmati destinasi wisata Lombok – Sumbawa, ” ungkap Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M Mansoer, Senin (22/10) di Mataram.

Dia mengatakan, setelah para Dubes itu menikmati destinasi di Lombok, tidak ada lagi kekhawatiran. Mereka nantinya diharapkan mampu menceritakan kepada warga negaranya bahwa Lombok-Sumbawa sudah aman dan bisa dikunjungi pasca dilanda bencana gempa.

Abdulbar mengaku, kedatangan para Dubes itu mempunyai nilai positif bagi Lombok – Sumbawa. Dimana, para Dubesnya saja sudah berani datang, apalagi masyarakat sendiri. Dengan demikian, kunjungan akan semakin banyak dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

“Mereka nanti akan informasikan ke masing-masing negaranya bahwa Lombok sudah aman,” kata dia.

Para Dubes itu lanjutnya, baru pertama kali datang ke Lombok. Namun, sebelumnya mereka sudah berkunjung ke Bali. Sehingga, kedatangan Dubes itu akan disambut semaksimal mungkin karena akan mendatangkan nilai positif bagi Lombok.

Disinggung destinasi mana saja disiapkan sebagai lokasi kunjungan 45 Dubes? Abdulbar menegaskan, cukup di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, jika ingin ke destinasi lain, pihak ITDC sudah menyiapkan destinasi seperti di Selong Belanak dan destinasi lainnya.

Dia menambahkan, dengan adanya rencana kedatangan 45 Dubes membuat jajaran ITDC harus menyampaikan kepada Gubernur, untuk memperkuat lagi soal pembangunan KEK kedepan. Karena, kalau dengan Gubernur lama, sudah tidak ada masalah.

“Maksud dan tujuan menghadap Gubernur baru, untuk perkuat pembangunan KEK Mandalika,” kata dia.

Terkait hal itu, Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansah menyambut baik rencana kedatangan para Dubes itu. Bahkan, sapaan Zul itu menawarkan bantuan kepada pihak ITDC selaku penyelenggara kegiatan.

“Apa yang bisa pemerintah daerah perbuat untuk mendukung kelancaran. Atas nama masyarakat NTB, dengan sepenuh hati siap menerima kedatangan itu,” tutupnya. (TN-04)

Tags

Related Articles