Daerah

Petani Loteng Teken Surat Pernyataan Terima Hand Traktor

Foto: Deretan Handtraktor yang dibagikan ke kelompok tani.

Lombok Tengah, Talikanews.com – Para petani di Lombok Tengah melalui kelompok tani menanda tangani surat pernyataan serah terima bantuan alat pertanian berupa Hand Traktor.

Hand Traktor sebanyak 38 unit yang diterima kelompok tani tersebut bersumber dari APBD Perubahan Lombok Tengah tahun 2018. Malah, akan ada lagi bantuan bersumber dari APBN 2019.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah, Lalu Iskandar menyampaikan, surat pernyataan itu semata-mata agar kelompok penerima bertanggung jawab terhadap apa yang diberikan oleh pemerintah.

“Jika barangnya hilang karena lalai, apa lagi dengan sengaja, petani harus tanggung jawab mengganti unit karena melanggar kesepakatan yang berkonsekuensi terhadap hukum,” ungkapnya, Kamis (11/10).

Dia menegaskan, untuk menjaga kepercayaan publik dan terhadap masyarakat, dalam penggunaan unit hand traktor tersebut, akan ada pengawalan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) beranggotakan Kejaksaan Negeri, TNI dan Polri hingga perangkat desa.

“Ini kita lakukan untuk keterbukaan informasi dan agar diketahui,” kata dia.

Disatu sisi, dari unsur instansi Kejaksaan Negeri Praya, Aris Toteles, menghimbau para Kelompok tani penerima bantuan agar memahami pemanfaatan Alsintan tersebut dan tidak diselewengkan,

“Jaga baik-baik, jangan sampai jadi temuan ketika salah pemanfaatan. Karena, bantuan itu dihajatkan untuk petani,” tutupnya Aris. (TN-02)

 

Related Articles

Back to top button