Pemerintahan

Peminat CPNS Di NTB Tembus Puluhan Ribuan Orang

Foto: ilustrasi

Mataram, Talikanews.com – Antusias masyarakat NTB ikut serta mendaftar sebagai CPNS tahun ini terus peningkatan, tembus diangka puluhan ribu. Peningkatan itu membuat daya saing masing masing peserta makin ketat.

Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB sampai tanggal 8 Oktober mencapai 2.839 dari jumlah formasi yang tersedia lingkup provinsi NTB 433 formasi baik guru maupun tenaga kesehatan.

Sementara jumlah keseluruhan baik kabupaten dan provinsi berjumlah 29.677 Pendaftar. Namun sayangnya dari sekian pendaftar masih banyak yang ditemukan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Kepala BKD NTB, Fathurrahman menyampaikan peserta yang tidak lulus alias TMS itu diantaranya disebabkan berkas yang diupload belum lengkap semisal legalisir ijazsh, transkrip nilai dan lainnya.

Tidak saja soal itu saja ada juga yang formasi ganda, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan nama jabatan atau formasi yang dilamar, kelebihan usia, salah kode formasi dan sebagainya.

“Dilihat dari kesalahan tim sedang bekerja,” kata Fathur Selasa (9/10).

Tim seleksi juga kata dia sedang memilah kesalahan kesalahan pendaftar yang masih saja terjadi. Terkait dengan kesalahan tersebur BKD belum bisa memastikan apakah disisa pendafataran itu berkas pelamar yang TMS bisa diperbaiki atau tidak.

“Sedang di petakan dulu kesalahannya,” kata Fathur yang tampak tidak berani menjanjikan ada perbaikan.

BKD hanya meminta agar peserta pelamar untuk lebih teliti dan mengikuti petunjuk teknis pendaftaran yang ada. Bahkan BKD juga telah membuka desk help yang bisa dikunjungi peserta jika ada yang merasa kesulitan dalam proses pendaftarannya.

“Kalau tidak bisa ke BKD Provinsi bisa juga di BKPSDM Kabupaten/Kota,” sarannya.

BKD juga menyampaikan tingkat antusias pendaftar Kabupaten Kota di NTB dimana Pemkot Mataram 2.830 pendaftar, Lobar 5. 591 pendaftar, Loteng 2.030, Lotim 3.043, KLU 1.694, Sumbawa Barat 1.796, Sumbawa 2.914, Dompu 1.938, Bima 4.245 dan Pemkot Bima 757 pendaftar.

“Total se NTB berjumlah 29.677 pelamar sampai tanggal 8 oktober kemarin,” pungkasnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button