Pendidikan

Gubernur NTB Minta Lembaga Pendidikan Adopsi Pola SMKN 2 Sumbawa

Foto: Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansah saat semangati para siswa sebelum dilepas untuk mendpaatkan pendidikan beasiswa ke Cina

Mataram, Talikanews.com – Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansah meminta kepada semua lembaga pendidikan mengadopsi pola pembinaan kerjasama beasiswa seperti SMKN 2 Sumbawa. Dimana, sekolah tersebut mengirim 20 siswa mendapatkan program Beasiswa ke Cina

“Mereka akan melanjutkan pendidikan di Nanjing Polytechnic Institute, Cina untuk mendapatkan pendidikan disana,” ungkapnya, Jumat (5/10).

Dia mengatakan, 20 siswa asal SMKN 2 Sumbawa itu sudah dilepas untuk bertolak ke Cina pada Kamis (4/10). Dia mengaku bangga atas prestasi para siswa dari Sumbawa ini. Ia juga mengapresiasi jajaran SMKN 2 Sumbawa yang memiliki program kerjasama beasiswa pendidikan ke Cina bagi siswa – siswinya.

“Terima kasih, program kerja SMKN 2 Sumbawa sangat Luar Biasa,” kata pengganti TGB itu.

Meski mampu mendapatkan beasiswa ke luar negeri, namun para calon mahasiswa itu diingatkan bahwa hidup di luar negeri tidak selamanya enak dan nyaman. Semua butuh perjuangan dan keuletan.

Gubernur Zulkieflimansyah berpesan, agar sukses mengenyam pendidikan di luar negeri mereka harus tekun dan rajin belajar. Tidak boleh bermalas-malasan dan tetap semangat meski jauh dari kampung halaman.

Ia pun percaya, kalau anak-anak NTB tersebut akan mampu menaklukan tantangan kehidupan di luar negeri dan meraih masa depan yang luar biasa.

Gubernur berharap, program beasiswa pendidikan ke luar negeri seperti yang diprakarsai SMKN 2 Sumbawa bisa diadopsi sekolah-sekolah lain yang ada di NTB. Menurut dia, hal itu akan sangat mendukung salah satu program Pemprov NTB untuk mengirimkan 1000 mahasiswa ke luar negeri setiap tahunnya.

Terkait hal itu, Kepala SMKN 2 Sumbawa Yuyun Mardiana, S.Pd, menyampaikan bahwa program beasiswa pendidikan ke Cina tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pihak sekolah atas masa depan anak didiknya.

“Ini merupakan tahun keempat pengiriman siswa yang telah dilaksanakan oleh SMKN 2 Sumbawa Besar untuk seluruh pelajar di Sumbawa,” jelasnya kepada Gubernur NTB.

Dilaporkan pula bahwa jumlah siswa/siswi yang sudah dikirim sejak angkatan pertama pada tahun 2015 sebanyak 3 orang, di tahun 2016 sebanyak 14 org ( 9 SMK dan 6 SMA), untuk tahun selanjutnya sebanyak 16 orang, pada tahun 2017 18 orang (11 SMK dan 7 SMA) dan untuk tahun 2018 ini akan diberangkatkan sejumlah 20 orang (13 SMK dan 7 SMA).

Ia berharap, program beasiswa seperti ini ke depannya bisa lebih ditingkatkan dan diterapkan di sekolah-sekolah lain. Dukungan dari pemerintah daerah, baik itu provinsi maupun kabupaten sangat diharapkan agar Visi mewujudkan NTB Gemilang dapat cepat diwujudkan.(TN-04)

Related Articles

Back to top button