Hukum & Kriminal

Polda NTB Ungkap Sindikat Pencetak STNK Palsu

Foto : Pelaku sindikat pencetak STNK Palsu saat diringkus di Polda NTB

Mataram, Talikanews.com – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) ungkap sindikat pembuat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu sekaligus mengamankan 20 unit mobil dengan STNK palsu. Saat ini, 17 unit Mobil yang diduga merupakan hasil kejahatan tersebut berada di Polda NTB sedang 3 unit mobil lain diamankan di Polres Lombok Timur.

Tiga orang tersangka turut ditangkap dalam kejahatan ini yakni laki-laki berinisial ABR yang berperan sebagai pembuat STNK palsu. LD dan HI juga ditangkap polisi sebagai pemesan STNK palsu dari mobil bodong yang akan dibuatkan STNK palsu.

Kasubdit III Jatanras Polda NTB, AKBP Herman Suriyono SIK,MH yang didampingi Kabid Humas Polda NTB, AKBP Komang Suartana menyatakan, modus operandi yang digunakan ABR dalam membuat STNK palsu, menyesuaikan dengan pesanan konsumen.

“Tersangka ABR membuat STNK palsu yang sudah terfilekan pafa laptop miliknya dan menempelkan hologram yang didapat dari STNK bekas dicetak sendiri dengan mengubah nomor sesuai pesanan,” ungkapnya saat konfrensi pers di Polda NTB, Kamis (4/10).

Dia menjelaskan setelah ada pesanan, ABR akan mencetak file STNK palsu yang sudah didesain pada laptop miliknya persis seperti STNK asli. Dimana, budget per satu STNK kemudian dihargakan Rp 2.500.000,- untuk Mobil dan Rp 500.000,- untuk motor.

Atas perbuatannya itu, para pelaku dijerat dengan pemalsuan dokumen sebagaimana yang tertuang dalam pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun kurungan. (TN-04)

Related Articles

Back to top button