Pemerintahan

Dukcapil Dompu Siap Bantu Pemberkasan Pelamar CPNS

Foto: Sekdis Dukcapil Dompu, Drs Safrudin

Dompu, Talikanews.com – Dibukanya tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara online, membuat masyarakat umum berlomba-lomba untuk mendaftarkan dirinya sebagai pelamar.

Namun, kendala yang mereka alami adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar saat melakukan registrasi sering kali terjadi, tanpa NIK yang benar calon pendaftar tidak dapat melakukan registrasi untuk melakukan input data, dan masuk ke tahap berikutnya.

Mendapat keluhan tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu melalui Sekertaris Dinas, Drs Safrudin, membenarkan adanya masyarakat yang datang ke Dukcapil, lantaran NIK yang dimiliki tidak terdaftar di situs BKN.

”Untuk hari ini saja, sedikitnya ada ebih dari 10 orang yang datang untuk klarifikasi NIK,” paparnya.

Menurutnya ada dua masalah yang membuat proses registrasi menjadi gagal, pertama, jutaan pendaftar seluruh Indonesia yang melakukan input data berebut untuk masuk ke situs tersebut, yang kedua data yang di input belum di update oleh dirjen Dukcapil pusat.

Lebih jauh ia memaparkan solusinya, dengan cara datang langsung ke Dinas Dukcapil, kemudian akan diarahkan di bagian tekhnisi server.

“Kita arahkan ke bagian tekhnisi server, melakukan pengecekan di operator server, minggu lalu banyak yang melakukan pengecekan, rata-rata bisa,”pungkasnya. (TN-05)

Related Articles

Back to top button