Pendidikan

Direktur Sejarah Kemendikbud Akan Buat Modul Mitigasi Gempa

Foto: Penyerahan Plakat karakter pendidikan oleh Direktur sejarah Kemdikbud RI Dra. Triana Wulandari, M.Si kepada Wakil Bupati H.L Pathul Bahri

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bencana gempa bumi yang melanda beberapa daerah di Indonesia, membuat Direktur Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dra. Triana Wulandari, M.Si akan bekerja sama dengan pihak sekolah tingkat Dasar dan Menengah untuk membuat modul Mitigasi gempa.

Mitigasi yang dimaksud memasukkan wilayah yang berpotensi gempa dan akan membuat modul mitigasi dalam mata pelajaran muatan lokal seperti negara Jepang dalam hal pengenalan bencana.

“Dalam modul itu nanti, bagaimana wilayah – wilayah yang diprediksi gempa dikenal masyarakat luas. Pola ini kita tiru negara Jepang yang siap jika gempa terjadi,” ungkapnya, saat pelaksanaan penguatan karakter pendidikan di SMK 1 Praya Rabu (3/10).

Dia mengatakan, Mitigasi harus menjadi materi dalam Mulok, karena pelajar ini menyangkut bagaiamana cara mengenalkan menghadapi bencana.

“Anak – anak ini bukannya tidak mengenal gempa, tapi tidak tahu cara menangani dan menghadapi gempa, termasuk menyelamatkan diri,” kata dia.

Untuk diketahui, bencana gempa tersebut telah memakan ratusan nyawa, belum yang luka-luka dan merusak ratusan ribu rumah.

“Bencana ini ini tentu menjadi perhatian dunia pendidikan yang harus berinovasi dalam pembelajaran untuk terus mengenal geografik nusantara dan mengenal potensi bencana, serta mengenal antisipasi bencana,” tutup dia. (TN-02)

Related Articles

Back to top button